Iklan Banner Sukun
Ragam

Mengenal Istilah Anuptaphobia, Takut Kesepian dan Tak Dapatkan Cinta

Ilustrasi seseorang yang mengalami Anuptaphobia atau perasaan takut kesepian tak mendapatkan cinta. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Jika ada orang yang lebih nyaman dengan status kesendiriannya, tentu ada juga seseorang yang justru takut menjomblo. Hal ini lantaran ia takut kesepian dan tak mendapatkan cinta dari seseorang. Jika seperti demikian, bisa jadi dirinya mengidap Anuptaphobia.

Penderita Anuptaphobia kerap merasa cemas dan takut yang berlebihan jika dirinya tak memiliki pasangan. Jika ada suatu momen di mana dirinya menjomblo, mungkin hal itu dianggapnya sebagai hukuman yang sangat memberatkan. Tak ayal jika dalam hidupnya, ia kerap memikirkan cinta dan pernikahan.

Selain rasa cemas dan takut yang cukup ekstrem, ada ciri lain dari seseorang yang menderita Anuptaphobia. Ia cenderung terobsesi mencari pasangan, hingga tak ragu untuk mempertahankan hubungan romantis meski sebenarnya toxic.

Hal ini bisa jadi dipicu dari trauma di masa kecilnya, seperti pengalaman melihat orang tua yang hidup susah membesarkannya sendirian. Bisa juga karena ketidakfungsian keluarga yang berbanding terbalik dengan yang dibayangkannya selama ini.

Ada juga yang mungkin terlalu memiliki gambaran negatif pada diri sendiri. Misalnya merasa tidak cukup mampu untuk melakukan semuanya sendirian tanpa adanya pasangan. Bahkan dalam hal-ha sederhana sekalipun.

Dalam banyak kasus yang terjadi di masyarakat Indonesia, para Anuptaphobia juga bisa terjadi lantaran adanya tuntutan sosial terhadap seseorang yang tak memiliki pasangan hingga nilai-nilai mengenai hubungan romantis di lingkungan.

Tak ayal jika hal tersebut membuat sebagian orang merasa bahwa memiliki pasangan dan menjalin hubungan romantis ialah sebuah keharusan. Meskipun sebenarnya hampir semua orang memang tak ingin hidup terus melajang. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar