Iklan Banner Sukun
Ragam

Mengatasi Sifat Malas Dengan Kaizen, Prinsip Satu Menit

(Foto: Gugus Gugus, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Mengubah kebiasaan memang tidak pernah mudah. Sebab, ia sudah menjadi zona nyaman. Yang menjadi masalah adalah ketika kebiasaan yang kita miliki adalah hal yang kurang baik aatau tidak produktif seperti sifat malas.

Jika rasa malas sudah menjadi sifat dan kebiasaan, tentu hal itu akan menimbulkan dampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain di sekitar. Apalagi jika sikap malas ini kita bawa ke lingkungan kerja. Sebab, ini akan menghambat produktifitas kerja. Untuk mengatasi kebiasaan ini, kita bisa meniru apa yang sudah dilakukan oleh orang-orang jepang; kaizen.

Masyarakat Jepang selama ini dikenal sebagai orang yang memiliki etos kerja tinggi. Bahkan, juga sangat disiplin dalam melakukan hal-hal kecil yang bersifat positif. Hal itu karena memang sudah diajarkan dan diterapkan sejak dini di lingkup keluarga, hingga akhirnya menjadi tradisi dan budaya di Negeri Sakura tersebut.

Salah satu prinsip yang dipegang masyarakat Jepang ialah Kaizen. Kaizen terdiri dari dua suku kata, yakni Kei yang bermakna perbaikan dan Zen yang berarti kebijaksanaan. Masyarakat Jepang percaya bahwa filosofi kerja tersebut sangat penting dan berpengaruh di kehidupan sehari-hari. Mereka meyakini bahwa perubahan dalam hidup bisa dicapai secara perlahan dan penuh kebijaksanaan.

Prinsip Kaizen juga kerap disebut dengan prinsip satu menit, yakni melakukan sesuatu hanya dalam satu menit. Ini bisa diterapkan di hampir semua rutinitas positif, seperti halnya olahraga. Jika selama ini malas untuk push up, mungkin sekarang bisa mencobanya selama satu menit saja di waktu yang sama setiap hari.

Meski hanya sedikit namun jika dijadikan rutinitas tentu akan berdampak baik untuk kedepannya. Rasa puas setelah berhasil melakukannya pun akan memicu timbulnya rasa semangat pada diri sendiri. Jika sebelumnya berjalan satu menit, mungkin besoknya akan timbul keinginan melakukannya kembali selama 5 menit, 30 menit, atau bahkan berjam-jam setiap harinya.

Prinsip kaizen ini tentu juga dapat diterapkan pada masyarakat di Indonesia. Selain mudah dan simpel, hal tersebut juga dapat memberikan dampak positif seperti rasa semangat dan disiplin dalam melakukan sesuatu. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati