Ragam

Mengapa Seseorang Bisa Memiliki Lesung Pipi?

Surabaya (beritajatim.com) – Pada tahun 1923, seseorang bernama Evangeline I. Gilbert mendaftarkan paten untuk sebuah alat yang digunakan untuk membentuk lesung pipi di wajah. Pada dasarnya, alat tersebut hanyalah sebuah tali wajah yang dibuat dari besi dengan dua bonggol yang akan menimbulkan 2 lengkungan di pipi ketika digunakan.

Meskipun alat ini tidak memiliki efek panjang jika digunakan, dengan diciptakannya alat ini, membuktikan bahwa orang-orang menganggap lesung pipi sebagai bagian tubuh yang menarik.

Lesung pipi adalah sebuah anomali mempesona yang berhubungan dengan zygomaticus major, yaitu otot wajah yang ada di tulang pipi hingga sudut bibir seseorang. Otot ini bertugas untuk mengangkat sudut bibir kita ketika kita tersenyum. Pada orang yang tidak memiliki lesung pipi, otot zygomaticus major ini merpakan seutas pita yang berkelanjutkan.

Sementara itu pada orang yang memiliki lesung pipi, peneliti menemukan bahwa otot ini akan memiliki beberapa cabang. Ketika orang yang memiliki lesung pipi tersenyum, di saat itulah otot ini akan memunculkan cabangnya yang menyebabkan munculnya lesung pipi. Melalui temuan itulah, kita tahu bahwa otot zygomaticus major berperan dalam kemunculan lesung pipi pada wajah.

Bagaimana sebagian orang memiliki lesung pipi, dan bagaimana seseorang tidak memilikinya masih tidak diketahui walaupun otot yang menyebabkan munculnya lesung pipi telah diketahui. Biasanya, orang yang memiliki lesung pipi akan memiliki orang tua yang juga memiliki lesung pipi. Banyak peneliti setuju bahwa genetik adalah salah satu kunci dari misteri munculnya lesung pipi pada sebagian orang.

Umumnya lesung pipi dikenal sebagai sifat gen yang dominan, sebagai contoh jika kedua orang tua memiliki lesung pipi maka anak juga pasti akan memiliki lesung pipi. Akan tetapi, ternyata hal tersebut tidaklah selalu terjadi.

Menurut penjelasan dari situs Healthline, lesung pipi lebih sering dianggap sebagai sifat dominan gen yang irregular yang berarti ada beberapa faktor yang memungkinkan tidak munculnya lesung pipi pada anak yang kedua orang tuanya memiliki lesung pipi. Kombinasi genetik dipercaya dapat mempengaruhi kemunculan lesung pipi pada setiap orang. [dwp/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar