Iklan Banner Sukun
Ragam

Mengapa Sebagian Orang Banyak Makan Tapi Tetap Kurus? Ini Alasannya

(Foto: Pablo Merchan Montes, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Bagi orang yang sedang perhatian dengan kondisi berat badan adalah makanan-makanan yang ia akan konsumsi. Selain harus menjaga kadar karbohidrat dan protein, juga tentang kuantitasnya.

Namun, di tengah semua kekhawatiran itu, ada pula orang yang bisa makan apapun dalam jumlah banyak namun, tetap kurus dan tidak terlihat megnalami penggemukan diri. Pasti ada rasa penasaran yang menyerang kita, dibalik kejengkelan yang menyelimuti.

Agar bisa terjawab rasa penasaran tersebut, berikut ini penjelasannya sebagaimana dilansir dari healthy com.

Faktor genetik

Salah satu hal yang menjadi penentu berat badan memanglah faktor genetik. Orang yang banyak makan tapi tetap kurus mungkin secara genetik memiliki tipe tubuh ramping. Namun, bagi Anda yang gampang naik berat badan meski makan sedikit berarti secara genetik memang punya tubuh yang melebar.

Titik berat badan

Otak dan tubuh manusia memiliki ‘titik setel’ tertentu yang jadi penentu berat badan. Antara satu orang dan yang lain punya titik yang berbeda dalam hal penentu berat badan. Oleh karena itu sebagian orang banyak makan tapi berat badannya tak naik.

Banyak olahraga

Orang yang aktif olahraga dapat menjaga berat badan. Sebab, tubuh yang gemar olahraga akan membutuhkan banyak kalori juga membakar lebih banyak kalori. Kendati ada beberapa makanan yang masuk ke tubuh, saat berolahraga itu akan terbakar.

Memiliki tingkat metabolisme tinggi

Jika seseorang punya tingkat metabolisme tinggi, cenderung bisa makan lebih banyak. Metabolisme yang tinggi itu berpengaruh pada proses pembuangan seseorang sehingga tidak mudah menambah berat badan.

Melebih-lebihkan kalori yang diasup

Orang yang banyak makan tapi tetap kurus, mungkin sudah pandai dalam hal melebih-lebihkan kalori. Artinya, orang itu mengonsumsi makanan yang tingkat kalori rendah. Sehingga tidak mudah menambah berat badan.

Namun selain beberapa hal tersebut, ada satu hal yang perlu diperhatikan jika seseorang makan banyak tapi tidak bertambah berat badan. Ini diakibatkan karena masalah kesehatan. Penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika mengalami kesulitan menaikkan berat badan. Sebab, bisa jadi itu adalah tanda masalah kesehatan. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar