Iklan Banner Sukun
Ragam

Mengantuk Meski Tidur Cukup? Bisa Jadi Gejala Hypersomnia atau Penyakit Kronis

Ilustrasi seseorang yang sering mengantuk meski tidur cukup (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Hampir setiap orang pernah merasa mengantuk, meski tidur dirasa lebih dari cukup. Hal ini wajar terjadi apabila aktivitas yang dijalani seharian terasa begitu padat dan melelahkan.

Namun, bagaimana jika sebenarnya kegiatan sehari-hari pada umumnya cenderung ringan, tapi masih saja mengantuk? Bisa jadi kamu mengalami salah satu di antara beberapa hal ini.

Hypersomnia

Hypersomnia merupakan kondisi di mana seseorang merasa ingin tidur secara terus menerus atau dalam kurun waktu lebih lama dari umumnya. Ciri orang yang mengalami hypersomnia kerap mengalami kesulitan berpikir cepat dan kurang fokus pada suatu hal. Untuk mengatasinya perlu konsultasikan pada tenaga medis spesialis.

Ganguan mental

Bisa juga gangguan mental kuantitas tidur tidak berbanding lurus dengan kualitas tidur seseorang. Sehingga inilah yang menyebabkan rasa kantuk selalu mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini biasanya karena terlalu cemas, emosi berlebihan, atau banyak yang dipikirkan.

Central sleep apnea

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin saja mengalami gangguan tidur karena pernafasan terhenti secara sejenak. Kondisi ini kerap disebut dengan central sleep apnea. Di mana penderitanya akan merasakan kantuk seharian penuh. Bahkan, biasanya diperparah dengan sakit kepala dan sulit konsentrasi.

Nokturia

Umumnya tidur yang normal untuk remaja dan orang dewasa kurang lebih 6-8 jam setiap hari. Namun, penderita nokturia meski memiliki jam tidur normal, mereka kerap terganggu pada kebiasaan terbangun karena suatu hal, seperti rasa ingin buang air dalam beberapa kali. Aktivitas yang terjadi berulang tersebut tak ayal membuat kualitas tidur terganggu.

Penyakit kronis

Hampir sama dengan nokturia yang bisa menandakan seseorang mengalami penyakit tertentu. Rasa mengantuk yang berkepanjangan dan dirasakan dalam jangka waktu cukup panjang, bisa jadi tanda seseorang sedang menderita penyakit kronis. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar