Ragam

Mendengarkan Musik Metal Ternyata Baik untuk Kesehatan, Berikut Penjelasannya!

Surabaya (beritajatim.com) – Para penyuka musik metal atau rock dapat dikatakan cukup segmented. Bahkan musik rock atau metal sudah memiliki ciri khas sesuatu yang bersifat agresif. Selain itu, terkadang musik heavy metal berkaitan pada sesuatu yang kacau. Walaupun begitu, nyatanya ada berbagai penelitian yang menyampaikan jika musik metal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan:

Meredakan Perasaan Stres

Ada sebagian orang yang menganggap jika kerasnya musik heavy metal tidak dapat menghilangkan stres. Bahkan ada penelitian di Australia menyampaikan jika mendengarkan musik rock yang agresif bermanfaat untuk memproses kemarahan dengan lebih baik sehingga seseorang bisa lebih bersemangat dan aktif.

Maka dari itu, genre musik ini mampu mengurangi stres dan baik untuk relaksasi. Selain itu, memang pada dasarnya menikmati musik dapat mengurangi tingkat kecemasan dan stres.

Membantu Menciptakan Rasa Bahagia

Jurnal ‘Self and Identity’ pada 2015 mengembangkan pemahaman mengenai kehidupan penggemar heavy metal tahun 80-an dan mengungkapkan jika jenis musik dapat memberikan dampak positif pada pendengar.

Bahkan di masa itu, musik heavy metal memang kontroversial bagai sekelompok agama sehingga dianggap sebagai pemujaan setan. Pada studi melibatkan 377 orang dewasa dengan sejumlah pertanyaan mengenai kehidupan mereka selama tahun 80-an dan setelahnya.

Hasilnya adalah penggemar heavy metal lebih bahagia dengan sedikit rasa penyesalan daripada orang yang mendengarkan genre musik lain, atau tidak mendengarkan musik.

Membantu Menghilangkan Rasa Depresi

Journal of Psychology of Popular Media menyampaikan jika musik heavy metal dapat membuat pendengar menghadapi pemikiran soal kematian.

Identitas yang muncul dari musik ini dapat memberi arti pada kehidupan mereka. Musik metal membantu pendengar menghadapi konsep kematian mereka sendiri. Penemuan studi ini memberikan dukungan terhadap pemikiran psikologis yang bernama Terror Management Theory (TMT). Pemikiran psikologis itu merupakan nilai-nilai budaya yang membantu masyarakat mengatur prospek kematian dengan memberikan kehidupan bernilai.

Dalam Olahraga Termasuk Fase Pendinginan

Dalam Journal of Strength and Conditioning Research menyampaikan jika musik heavy metal cocok untuk fase pendinginan dalam olahraga. Ketika dilakukan proses uji darah ditemukan tingkat laktat mereka turun dengan cepat saat mendengarkan musik setelah latihan. Bahkan ada yang mengakui mereka lebih baik saat mendengarkan musik selama pemanasan, dibandingkan tanpa musik. (PRD/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar