Iklan Banner Sukun
Ragam

Membasmi Bakteri Tubuh Hingga Menyehatkan Liver, Inilah 5 Manfaat Meminum Teh Kombucha

Teh Kombucha. (Foto: Tim Oliver Metz, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kombucha cukup familiar belakangan ini. Minuman hasil fermentasi ini punya beragam manfaat bagi kesehatan. Kombucha merupakan minuman fermentasi yang biasanya terbuat dari teh dengan campuran gula, ragi, dan bakteri.

Ragi dan bakteri yang digunakan dalam membuat kombucha terdapat dalam kultur jamur yang disebut scoby (symbiotic culture of bacteria and yeast). Perpaduan rasa kombucha yang manis dan asam, dengan sensasi seperti soda, akan terasa menyegarkan saat diminum.

Apalagi, kini makin banyak orang berkreasi dengan rasa minuman kombucha. Variasi rasanya juga macam-macam. Ada yang rasa jahe, kayu manis, mint, sereh, atau buah-buahan bisa.

Selain menyegarkan, kombucha kaya dengan probiotik yang bermanfaat untuk membasmi bakteri merugikan dalam tubuh. Selain itu juga bisa untuk membantu mencegah sejumlah penyakit.

Selama berabad-abad, kombucha yang merupakan minuman fermentasi alami dikonsumsi karena manfaat bagi kesehatan. Berikut ini, sejumlah manfaat kesehatan dari kombucha.

Kombucha membantu membasmi bakteri merugikan. Kombucha bisa membantu membasmi bakteri seperti jamur candida dan bakteri penyebab infeksi.

Kombucha kaya akan konsentrasi polifenol dan antioksidan Polifenol dan antioksidan ini akan berkontribusi terhadap kesehatan sel. Bagi Anda yang punya gangguan reproduksi sel bisa minum kombucha dengan beragama varian rasanya.

Kombucha mengoptimalkan kesehatan pencernaan. Kandung pada kombucha berguna bagi pencernaan. Gangguan pencernaan seperti sariawan, atau bibir pecah-pecah bisa diatasi dengan kombucha.

Mengkonsumsi kombucha dapat membantu melindungi diri dari penyakit jantung. Bagi Anda yang punya riwayat penyakit jantung meminum kombucha mungkin jadi pilihan yang tepat.

Namun, sebelum terserang jantung ada juga bisa mencegah dengan kombucha. Sebab kandungan pada kombucha bisa untuk melindungi dari penyakit jantung.

Kombucha, yang mengandung antioksidan juga punya efek baik untuk liver. Penyakit liver bisa teratasi dengan kombucha. Antioksidan yang terkandung pada kombucha bisa mengobati liver.

Meskipun punya banyak manfaat, tetapi teh kombucha juga ada efek sampingnya jika dikonsumsi oleh orang dengan kondisi kesehatan yang tidak baik. Atau jika dikonsumsi secara berlebihan.

Pada orang yang memiliki permasalahan terkait sistem imun misalnya, teh ini dapat menyebabkan efek yang lebih lanjut. Oleh karena itu, untuk Anda hendak konsumsi teh ini sebaiknya sesuaikan dengan saran dari dokter.(dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar