Iklan Banner Sukun
Ragam

Memanen Air Hujan, Dan Bagaimana Kita Melakukannya

(Foto: Fabiano Rodrigues, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Air tidak diragukan lagi sebagai sumber daya alam utama bagi kebutuhan rumah tangga. Memiliki setumpuk senjata, emas, dan perhiasan adalah hal yang glamor, tetapi tanpa air, hidup mungkin terbukti tak tertahankan. Kekurangan air terkadang tidak dapat dihindari, jadi jika Anda tidak siap untuk kemungkinan itu, Anda mungkin menemukan diri Anda berada di antara batu dan tempat yang sulit.

Alternatif terbaik dan termurah untuk sistem pasokan air tradisional adalah pemanenan air hujan. Namun, untuk dapat memanen air hujan, Anda harus memasang sistem pemanen air hujan.Kita semua menganggap air begitu saja. Ini adalah salah satu sumber daya alam yang kebanyakan orang tidak terlalu memikirkannya, tetapi untuk terus menikmati pasokan air gratis selama bertahun-tahun lagi, perubahan harus dilakukan.

Pemanenan air hujan adalah proses mengumpulkan air hujan dari permukaan tempat hujan turun, menyaringnya dan menyimpannya untuk berbagai kegunaan. Pemanenan air hujan mengembalikan pasokan air ke tingkat normal. Ini adalah pengumpulan dan penyimpanan air dari permukaan tempat hujan turun.

Pemanenan air hujan adalah teknik inovatif yang digunakan untuk memanen air hujan dari atap dan permukaan lainnya di atas untuk disimpan untuk digunakan nanti. Air hujan yang dipanen dapat digunakan untuk irigasi kebun dan tanaman, menyiram ternak, mencuci pakaian, dan menyiram toilet. Namun, Anda tidak dapat menggunakan air hujan yang dipanen untuk mandi, wastafel kamar mandi, atau dapur karena tidak layak untuk dikonsumsi.

Dalam skenario normal, air hujan dikumpulkan dari bangunan atap dan kemudian disimpan di dalam tangki khusus. Sistem pemanenan air hujan dirancang setelah menilai kondisi lokasi yang mencakup pola curah hujan, curah hujan insiden, strata bawah permukaan, dan karakteristik penyimpanannya. Pemanenan air hujan populer di seluruh dunia, meskipun di negara-negara yang sangat kering, seperti Australia, ini bahkan lebih populer.

Air hujan dapat dipanen dan digunakan oleh mereka yang berada di kota yang memiliki air kota yang mengalir serta dapat digunakan oleh mereka yang berada di kota-kota pedesaan di mana pasokan air yang memadai mungkin tidak tersedia.

Sangat mudah untuk mengganti banyak hal yang Anda gunakan air kota biasa dengan air hujan dan menikmati banyak manfaat saat Anda melakukannya. Tidak hanya membantu Anda menghemat air tetapi juga dapat membantu Anda menghemat energi karena mereka perlu mempertahankan sistem air terpusat yang dapat dilewati. (rad/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar