Iklan Banner Sukun
Ragam

Info untuk Wisatawan

Melancong ke Mandalika, Ini Deretan Tempat Wisata yang Harus Dikunjungi

Potret Sirkuit Mandalika dengan keindahan alamnya yang mempesona penuh wisata. (foto: Instagram, @motogp)

Surabaya (beritajatim.com) – Mandalika memang tengah menjadi sorotan masyarakat, terutama setelah berlangsungnya MotoGP pada 18-20 Maret 2022 dan Sirkuit Mandalika menjadi tuan rumahnya.

Terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), sirkuit ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 12 November 2021.

Tidak hanya menonton pertandingan balap, para pengunjung dipastikan juga bisa menikmati pemandangan yang cantik lantaran lokasinya yang berdekatan dengan wilayah pesisir dan wisata pantai. Tak heran jika Sirkuit Mandalika ini menjadi sirkuit dengan keindahan alam terbaik.

Selain menyaksikan MotoGP, ada banyak alasan untuk datang berkunjung ke Lombok. Mengingat begitu banyak destinasi wisata yang menarik di Lombok, sangat cocok bagi kalian yang ingin jalan-jalan dan berlibur atau juga “healing”.

Apa saja? Berikut rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan dan pelancong saat ke Mandalika.

1. Pantai Seger Kuta

Jangan bingung, Pantai Kuta ini tidak hanya dimiliki oleh Bali, namun Lombok juga punya Pantai Kuta-nya sendiri. Pantai ini masih menjadi bagian dari kawasan Mandalika.

Dengan berjarak sekitar 21 kilometer dari Bandara Internasional Lombok, kalian juga mendakit bukit di sekitar Kuta Lombok ini, menikmati pemandangan dari atas bukit akan mencuci mata dan menjernihkan pikiran kalian.

2. Pink Beach

Pernah mendengar istilah Pantai Pink? Pantai ini sebenarnya memiliki nama Pantai Tangsi, namun karena pasirnya yang berwarna merah muda, maka pantai ini lebih dikenal dengan Pantai Merah Muda atau Pink Beach. Unik bukan?

Terletak di Lombok Timur, tepatnya di Desa Serokah, kalian akan menikmati air laut yang jernih dengan keindahan terumbu karang di dalamnya. Jangan khawatir karena di pantai ini kalian bisa snorkeling ataupun diving.

3. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Pergi ke Lombok artinya kalian tidak akan kehabisan pemandangan yang cantik dan unik di setiap tempat. Termasuk di spot wisata satu ini, yang menyuguhkan sebuah gardu panjang dengan ketinggian sekitar 1.250 meter di atas permukaan laut.

Terletak di kawasan lereng Gunung Rinjani, Desa Sembalun Bumbung, Kabupaten Lombok Timur, berarti kalian akan dimanjakan dengan hijaunya hutan dan pegunungan. Sangat Instagramable bagi kalian yang suka berfoto-foto.

4. Bukit Selong

Ingin menikmati pemandangan bukit dengan hamparan sawah yang membentang? Maka sangat direkomendasikan untuk pergi ke Bukit Selong atau Bukit Beleq. Wisata alam ini berlokasi di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

5. Air Terjun Madu

Setelah mengunjungi Bukit Selong, kalian juga bisa mampir ke Air Terjun Madu karena lokasinya yang berdekatan, tepatnya di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 20 meter, kalian bisa menikmati segarnya air berwarna hijau kebiruan ini.

6. Desa Sade

Tidak ada salahnya untuk mengunjungi sebuah desa yang juga menjadi tempat wisata di Lombok Tengah ini. Yap, Desa Sade memiliki bangunan rumah-rumah adat dan tradisional, umumnya terbuat dari kayu, bamboo, atau alang-alang kering.

Warga yang menempati desa tersebut pun merupakan masyarakat dusun asli. Tidak hanya mempelajari budayanya, kalian juga bisa mengenal tenun ikat khas yang sudah mereka lakukan secara turun-temurun.

Jika kalian berkesempatan untuk pergi ke Lombok, maka jangan sia-siakan karena Lombok memiliki kekayaan alam yang sayang jika tidak dinikmati! (mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar