Iklan Banner Sukun
Ragam

Mau Upgrade iPhone? Ini Trick Mendapatkan Extra Storage iCloud Gratis

(Foto: Safwan C K, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – iPhone 13 baru saja rilis secara internasional. Di Indonesia sendiri, produk resminya belum lagi masuk. Namun, sudah banyak toko-toko online yang membuka pre-order versi internasional.

Seperti biasa, ketika versi baru muncul, versi-versi lama pun mengalami penurunan harga. Momen tepat bagi anda yang ingin mengganti iPhone lama ke versi yang lebih baru. Apalagi, versi iPhone X, XR, XS, masih sangat mumpuni untuk dijadikan gawai utama.

Namun, salah satu masalah yang sering kita alami adalah sulitnya memindahkan data dari iPhone lama ke iPhone baru. Seperti memindahkan foto, kontak, chatting, sampai data-data lain yang ada di iPhone kita. Sebab, Apple hanya memberikan akses gratis memori di icloud sebesar 5Gb saja.

Jika anda punya iMac atau Macbook, anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan transfer data. Asalkan Mac anda sudah menggunakan MacOs Catalina. Selain juga harus memiliki memori yang cukup untuk melakukan backup data.

Caranya cukup sederhana. Cukup sambungkan iPhone anda ke Mac melalui kabel charger. Ini adalah cara tercepat untuk melakukan back up data untuk kemudian memindahkannya ke iPhone baru anda.

Namun, jika anda tidak memiliki Mac, Apple’s direct data migration melalui iCloud. Jika iCloud anda yang berkapasitas 5 Gb telah penuh atau hampir penuh. Apple menyediakan iCloud storage yanng bisa anda pinjam secara gratis untuk sementara waktu.

Caranya, anda harus lebih dulu memperbaharui sistem ke iOS 15. Semua iPhone dari seri 6s ke atas sudah bisa melakukan update ke iOS terbaru ini.

Setelah selesai update, anda hanya perlu pergi ke pengaturan, umum, dan pilih menu baru yang mereka sediakan; Transfer or Reset iPhone. Akan ada laman baru yang muncul yang menjelaskan mengenai apa yang akan dilakukan. Kemudian pilih Get Started.

Akan muncul jendela baru bernama Extra iCloud to Move Apps and Data. Silakan anda baca dan pahami. Setelahnya, klik Continue. Jika setting backup anda mati akan diminta untuk menghidupkannya. Tinggal klik tombol bertuliskan Turn On Backup to Transfer.

Tombol bertuliskan Move All App Data with iCloud akan muncul dan silakan anda sentuh. Kemudian sentuh lagi Done. Setelahnya iPhone anda akan melakukan backup data ke iCloud. Selama proses backup ini, anda akan menemukan pemberitahuan di menu Setting bertuliskan ‘iCloud Backup in Progress’. Dan akan berubah menjadi ‘Ready for your new iPhone’ ketika prosesnya selesai.

Storage iCloud ini bisa anda gunakan semalam 21 hari. Sembari menunggu iPhone baru anda sampai, data yang sudah anda backup masih akan aman dan tidak akan dihapus. Sehingga anda bisa memilih iPhone tipe apa yang anda inginkan sebagai hanphone baru anda. [tur/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar