Iklan Banner Sukun
Ragam

Mau Gaji Tinggi? Hindari 4 Jurusan Kuliah Ini

Ilustrasi jurusan ilmu keolahragaan. (Sumber foto: Pixabay)

Surabaya(beritajatim.com) – Semua mahasiswa tentu berharap jika lulus nanti akan mendapatkan perkerjaan yang sesuai dengan gaji tinggi. Syukur – syukur lagi jika sudah lulus langsung bekerja.

Akan tetapi, diketahui jika gaji lulusan kuliah dari setiap jurusan memiliki perbedaan. Ya, semua tergantung dengan tingkat kesulitan serat tanggung jawab yang dibebankan oleh para pekerja.

Salah satunya di Indonesia sendiri berani membayar gaji tinggi untuk lulusan kuliah jurusan kedokteran, IT, maupun teknik penerbangan. Tapi, memang hal tersebut sudah sepadan dengan ilmu sekaligus biaya sekolah yang mereka keluarkan terdahulu.


Nah, bagi Anda yang memang ingin mendapatkan gaji tinggi jika sudah lulus dengan gelar sarjana.

Berikut beberapa jurusan yang perlu Anda hindari, karena banyak orang mengganggap sebagai jurusan kuliah paling rendah gajinya di Indonesia.

1. Jurusan Paralegal
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Georgetown University, jurusan ilmu paralegal merupakan bidang studi yang perlu dihindari jika ingin langsung mendapatkan gaji tinggi.

Pasalnya, paralegal adalah jurusan yang berhubungan dengan hukum tapi tujuannya untuk membantu pengacara menghadapi klien.

Dikatakan jika banyak firma hukum sekarang ini mengurangi biaya dengan tidak mempekerjakan paralegal lagi. Karena itu mungkin kesempatan kerja lebih sedikit.

2. Ilmu Keolahragaan
Walaupun industri kesehatan belakangan membutuhkan banyak terapis fisik dan okupasi. Namun pekerja di bidang ini tidak banyak diambil dari lulusan pendidikan olahraga. Itulah mengapa gaji dari lulusa ini tergolong kecil.

Kendati demikian, Anda tetap bisa memiliki bidang studi ini jika memang berminat untuk menjadi guru olahraga atau pelatih atlet.

3. Seni dan Musik
Banyak survei mengungkapkan jika tidak semua perguruan tinggi dengan jurusan seni dan musik mencetak lulusan bergaji tinggi.

Bahkan kurang dari 50% lulusan musik dan seni lebih memilih mengembangkan bakatnya dengan bekerja sebagai pemusik atau pekerja seni lepas.

4. Pendidikan Agama
Jika berminat dengan jurusan yang berkaitan dengan agama, lebih baik jika mengambil jurusan filosofi saat kuliah. Lantaran jurusan filosofi lebih menawarkan gaji besar ketimbang jurusan pendidikan agama.

Itulah tadi beberapa jurusan dengan gaji kecil yang bisa Anda ketahui, meskipun Anda lulusa dari universitas ternama namun tidak menjamin mendapakan gaji yang besar. (frs/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar