Iklan Banner Sukun
Ragam

Material Termahal yang Ada di Bumi, Ada yang Tembus 800 Kuadriliun!

Unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Ada beberapa material di bumi ini yang memiliki jumlah sangat sedikit sehingga dianggap langka. Karena kelangkaan itu nilainya begitu mahal. Ratusan tahun lalu, minyak menjadi zat atau material paling berharga di dunia. Tetapi saat ini, minyak alami penurunan harga yang begitu drastis. Emas hitam pun sempat mengalami penurunan.

Namun ternyata, ada sejumlah material di bumi yang punya jumlah sangat sedikit juga langka. Apa saja daftar material termahal itu, berikut ini daftarnya.

 

Antimateri

Pendapat seorang ahli tentang material bernama antimateri ini bahwa ratusan tahun yang akan datang akan memiliki nilai mencapai USD 62,5 triliun atau sekitar Rp893,4 kuadriliun dalam rupiah. Ini akan memenuhi inter-galaksi meski saat materi ini masih belum tercipta.

Californium 252

Californium 252 merupakan material kimia buatan yang pakai guna menemukan lapisan dari air dan minyak di berbagai sumur minyak. Material ini dihargai hingga USD 27 juta atau sekitar Rp385,9 miliar Rupiah -per gram.

Berlian merah

Berlian merah adalah sejenis batu mulia paling langka di muka bumi saat ini. Bahkan, di dunia ini hanya ada 30 berlian merah yang pernah ditemukan. Tak heran jika berlian ini memiliki nilai mencapai USD 5 juta atau sekitar Rp71,4 miliar rupiah dalam setiap gramnya.

Painite

Painite juga salah satu mineral borat paling langka di dunia saat ini. Mineral ini pertama kali ditemukan di negara Myanmar, hasil dugaan sementara material ini berjumlah hanya sekitar seribu berbentuk kristal yang ada di dunia. Dengan sedikitnya jumlah mineral tersebut, tak heran jika nilainya mencapai USD 300 ribu atau sekitar Rp4,28 rupiah miliar per gram.

Berlian

Berlian memiliki yang sangat bergantung pada kualitas dan potongannya. Beberapa percaya jika berlian memiliki nilai yang bergantung pada kelangkangannya. Bagaimanapun juga, nilai berlian murni hingga kini masih begitu fantastis, yaitu mencapai USD 134,7 ribu atau sekitar Rp1,92 miliar rupiah per gram. Berlian saat ini masih tergolong sebagai perhiasan yang elit.

Adakah dari Anda yang pernah memiliki material itu? Material langkah dengan harga fantastis. [dan/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar