Ragam

Maraknya Frasa Lemah Teles di Media Sosial

Surabaya (beritajatim.com) – Bahasa Jawa memang sedang tren di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini dibarengi dengan maraknya musik-musik yang menggunakan Bahasa Jawa, seperti pada lagu-lagu dangdut koplo bawaan Denny Caknan ataupun Happy Asmara.

Frasa lemah teles atau dalam Bahasa Indonesia berarti tanah basah ini awalnya merupakan judul lagu yang dibawakan oleh Happy Asmara. Frasa ini dimaknai sebagai suatu pembalasan atau karma. Seperti pada liriknya yakni lemah teles, Gusti seng bakal mbales (Tuhan yang akan membalas)

Lagu yang dibawakan Happy ini sebenarnya bercerita tentang kekecewaan terhadap pasangan yang tiba-tiba menghilang tanpa ada kabar. Lantas ia bermaksud mengingatkan agar hati-hati mendapatkan sial, karena Tuhan pasti akan membalas. Dari situlah akhirnya banyak yang menggunakan frasa tersebut.

“Tompi kalau udah capek mending ngetweet Lemah Teles Gusti Allah Sing Mbales ae brow saran,” tulis @Windoodud

“Lemah teles Gusti tetep woles, lah wes ngerti kabeh og (sudah tahu semua kok),” cuit @yusuf3n

“Wes saiki prinsipe lemah teles wae (sudah sekarang prinsipnya lemah teles saja),” cuit @SamurtiDwii

Meski begitu, tidak sedikit masyarakat yang menggunakan frasa ini bukan dalam bentuk kekecewaan, namun juga untuk hal-hal baik yang berisi tentang harapan agar Tuhan membalas kebaikan orang lain.

“Suwon, Mas Cristiano Ronaldo. Lemah Teles (Terimakasih, Mas Cristiono Ronaldo),” ujar @AgusMagelangan di akun Twitter-nya.

“Persiapkan diri dengan baik, latihan fisik yang baik, belajar yang baik.. lemah teles, gusti Allah yg akan membalas lelah kita,” cuit @mpatrol66B25

“Menangis teman”ku baik” sekali- lemah teles pinggir kali, mugo iso bales lainkali (Semoga bisa membalas lain waktu),” ujar @freakynuy

Memang selain enak untuk didengarkan, lagu Lemah Teles ini juga enak untuk dijadikan sound berjoged di platform video musik seperti TikTok, terlepas dari maknanya yang terbilang ambyar.

Bahkan, warganet tidak hanya terngiang-ngiang dengan lagu tersebut, namun juga dapat mengambil hal positifnya. Apapun yang terjadi, baik dan buruknya seseorang, percaya saja bahwa Tuhan akan membalasnya suatu hari nanti. [fyi/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar