Iklan Banner Sukun
Ragam

Marah – Marah Menjelang Haid? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

(Foto: Alex Green, pexels)

Surabaya (beirtajatim.com) – PMS atau premenstruation syndrome adalah kata yang sudah pasti sering kita dengar. Sindrom ini umumnya terjadi pada perempuan yang hendak mengalami menstruasi. Meskipun bisa mempengaruhi kondisi fisik, mental, dan emosional wanita, fase ini sebenarnya bisa dibilang sangat wajar terjadi, terutama jika kalian masih berumur 20—30 tahunan.

Namun, gejala mood swing yang berlebihan bisa jadi menganggu kegiatan sehari-hari kalian. Sebenarnya, salah satu kemungkinan penyebab dari gejolak emosi ini adalah tidak seimbangnya hormone dan senyawa kimia otak yang berfungsi untuk mengontrol suasana hati.

Kadar estrogen dan progesterone yang menurun juga bisa berdampak pada kadar serotonin. Kadar ini merupakan neurotransmitter yang memiliki fungsi untuk mengatur suasana hati, siklus, tidur, dan nafsu makan. Artinya, saat kadar serotonin rendah maka suasana hati akan buruk, seperti sedih dan mudah tersinggung, lalu kesulitan tidur dan mengidam makanan yang aneh,

Walaupun merupakan hal yang normal, ada beberapa cara agar PMS ini tidak menganggu aktivitas dan rutinitas kalian. Seperti yang bisa kalian lakukan berikut ini.

Olahraga

Siapa bilang menstruasi membuat kalian tidak bisa olahraga? Meskipun yang dilakukan adalah gerakan ringan seperti berjalan di sekitar rumah, atau pemanasan santai, olahraga yang teratur dilakukan juga bisa menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh. Hal ini karena saat berolahraga, tubuh akan menghasilkan endorfin yang merupakan zat kimia otak untuk membuat perasaan menjadi lebih nyaman. Dengan olahraga, kalian bisa mengelola rasa stress dengan baik, selain itu, kram dan kembung pada perut juga bisa teratasi.

Makan makanan bergizi

Sangat dianjurkan untuk makanan yang sehat saat menjelang haid, perbanyak sayur, buah, serta makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak lainnya. Asupan yang banyak mengandung kadar garam rupanya bisa memicu peruh begah dan nyeri pada payudara. Selain itu, hindari juga minuman yang mengandung kafein karena bisa meningkatkan kecemasa, gugup, insomnia dan yang pasti akan memperburuk suasana hati kalian.

Tidur cukup

Jangan paksakan untuk begadang saat suasana hati sedang buruk dan gejala PMS mulai muncul. Alih-alih usahakan untuk tidur cukup setidaknya 7-8 jam. Ini bertujuan untuk mencegah perubahan suasana hati yang terkait dengan fluktuasi gula darah.

Jangan panik dan gelisah saat tanda-tanda menstruasi suda muncul, lakukan cara-cara di atas agar kalian bisa mengatasinya dengan baik. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar