Ragam

Manfaat Vitamin B1 yang Jarang Diketahui, Salah Satunya untuk Remaja Jompo

Ilustrasi vitamin B1 yang cocok untuk remaja jompo. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Vitamin B1 merupakan suplemen yang memang diperlukan oleh tubuh. Seseorang yang kekurangan asupan vitamin ini biasanya akan merasakan beberapa gejala, seperti sembelit, bengkak pada tungkai, iritabilitas, kehilangan napsu makan, rasa gugup, mati rasa pada tangan serta kaki, penurunan berat badan yang parah, dan pembesaran hati.

Bahkan, bisa juga menimbulkan penyakit yang kerap diidentikkan dengan remaja jompo. Di mana usia masih terbilang muda, tetapi alami kondisi layaknya orang tua, seperti mudah merasa lelah, pelupa, kesemutan, otot lemah, hingga gangguan pencernaan.

Jika kerap mengalami salah satu atau bahkan beberapa gejala tersebut sekaligus, maka disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1. Adapun jenis makanan yang banyak mengandung vitamin B1 , seperti ikan salmon, nasi merah, roti gandum, jenis kacang-kacangan, pisang, dan jeruk.

Hal ini karena vitamin B1 dapat memberikan manfaat untuk mencegah kerusakan saraf. Salah satunya dapat mempengaruhi daya ingat seseorang. Selain itu juga dapat meningkatkan auto imun serta metabolisme tubuh agar lebih baik. Sehingga membuat tubuh lebih berenergi dan tidak mudah merasa lelah.

Bagi mereka yang kerap merasa suasana hati tidak menentu atau mudah gelisah. Asupan vitamin B1 sangat dianjurkan terutama untuk menghindari risiko kecemasan berlebih hingga depresi. Hal ini juga telah dibuktikan dengan adanya penelitian perihal pengaruh vitamin B1 pada suasana hati yang buruk.

Vitamin B1 juga berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membantu pembentukan darah. Selain itu juga dapat memproduksi asam lambung yang baik, sehingga proses pencernaan pun juga menjadi lebih baik. Protein merupakan salah satu kandungan yang menjadi lebih mudah dicerna ketika asam lambung seseorang dalam keadaan baik.

Vitamin B1 juga dapat bertindak sebagai antioksidan yang berguna untuk meminimalisir dampak penuaan. Bahkan, dokter juga menyebutkan bahwa vitamin B1 dapat mengurangi dampak dari rokok dan konsumsi alkohol. Meski begitu, bukan berarti seseorang dapat minum alkohol secara berlebihan. (fyi/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar