Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Timun yang Jarang Kita Ketahui

Surabaya (beritajatim.com) – Timun adalah salah satu bahan makanan yang sering dijumpai dalam berbagai hidangan nusantara. Selain murah dan mudah didapatkan, timun juga terasa segar ketika dikonsumsi. Tapi, tahukah anda bahwa ternyata timun memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita? Berikut ini adalah manfaat timun bagi kesehatan tubuh:

Membantu Mencegah Diabetes

Ketika sedang berusaha untuk menghindari diabetes, hal terbaik yang dapat kita lakukan adalah dengan menata diet atau makanan yang kita konsumsi. Kita harus menghindari highly processed carbohydrates, minuman berkadar gula tinggi, dan daging-dagingan merah. Selain dengan melakukan hal-hal tersebut, kita juga bisa mulai mengkonsumsi makanan dengan glycemic index (GI) yang rendah.

GI adalah nilai yang diberikan pada makanan dari 0-100. Semakin tinggi GI suatu makanan, maka semakin tinggi pula kadar gula darah seseorang setelah memakannya. Timun memiliki GI yang relatif rendah yaitu 15.

Tubuh Akan Lebih Terhidrasi

Dengan mengkonsumsi timun, tubuh kita akan terhidrasi. Berdasarkan French and British Population Survey, hal tersebut dapat terjadi karena kandungan dari timun, lebih dari 95%-nya adalah air.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Terdapat banyak cara yang orang lakukan untuk menurunkan berat badan. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi timun. Terdapat 16 gram kalori pada satu cup timun, yang berarti menunjukkan bahwa timun memiliki kepadatan energi yang rendah. Menurut para ahli nutrisi, terdapat hubungan erat antara mengkonsumsi makanan dengan kepadatan energi rendah dan penurunan berat badan. Sebagai tambahan, karena memiliki kandungan air yang tinggi, mengkonsumsi timun akan sangat mengenyangkan meskipun dengan jumlah kalori yang rendah.

Mencegah Konstipasi

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di Fitoterapia dari Jadavapur Univeristy, dikatakan bahwa biji timun dapat mencegah konstipasi. Timun juga memiliki efek mendinginkan pada tubuh.

Mencegah Kembung

Dengan kandungan air yang tinggi, timun tidak hanya baik untuk menjaga kita agar tetap terhidrasi tapi juga baik untuk mengeliminasi retensi air berlebih sehingga kita tidak akan kembung ketika mengkonsumsi timun. Selain itu, timun juga baik untuk mengatasi berbagai permasalahan perut. [dwp/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar