Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Terapi Chiropractic Bagi Kesehatan Tulang

Terapi Chiropractic, Banyak Manfaat Bagi Kesehatan Tulang (foto : Toa Heftiba, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Beberapa hari ini di kanal trending Youtube sedang ramai Bima Aryo. Ia sempat jadi trending Youtube selama beberapa hari lantaran video berjudul ‘Kretek Abal2’ Reza Arap ditonton lebih dari 5 juta kali. Bima Aryo sendiri merupakan seorang presenter, yang sebelumnya dikenal sebagai vlogger penyayang anjing.

Bima Aryo dalam akun youtubenya dengan nama Beemz Aryo, sebenarnya tengah mempraktikkan Chiropractic. Chiropractic diartikan sebagai metode perawatan yang seringkali dilakukan untuk mengatasi gangguan pada sistem otot & tulang belakang (muskuloskeletal), sistem saraf, serta rasa sakit dan cacat yang dihasilkan dari gangguan tersebut.

Ahli terapi biasanya melakukan chiropractic untuk mengatasi berbagai gangguan muskuloskeletal lain, seperti: Sakit punggung, leher terasa sakit, sakit kepala, keseleo, hingga keterbatasan gerak pada punggung, bahu, leher, atau kaki.

Lebih dari itu, perawatan ini tidak hanya berguna untuk mengobati punggung dan leher, tetapi juga mengatasi rasa sakit pada tubuh: mulai dari kepala, rahang, bahu, siku, dan pergelangan tangan.Bahkan, terapi ini juga bisa mengatasi rasa sakit pada pinggul, panggul, lutut, dan pergelangan kaki.

Teorinya adalah setiap bagian dari tulang belakang dapat menyembuhkan area tertentu ketika mendapatkan perawatan chiropractic ini. Tujuan dari terapi ini adalah untuk mengembalikan kemampuan sendi agar bergerak seperti sedia kala.

Dikutip dari betterhealth.vic.gov.au prinsip dari terapi ini adalah penyesuaian rangka tubuh serta struktur pendukung yang mampu mengatasi gangguan seperti di atas dan mendukung kesehatan total. Terapi yang juga bisa disebut sebagai manipulasi tulang belakang ini dapat dilakukan langsung dengan tangan kosong.

Chiropractic dipandang ampuh sebagai alternatif penyembuhan nyeri pada otot, sendi, tulang, dan jaringan ikat. Terapi ini juga merupakan metode untuk memulihkan mobilitas sendi karena cedera jaringan setelah peristiwa traumatis.

Penelitian lain menjelaskan bahwa dengan terus-menerus mendapatkan perawatan chiropractic dapat juga bermanfaat dalam membatasi produksi mediator pro-inflamasi. Mediator ini merupakan penyebab kerusakan pada tubuh serta menimbulkan rasa sakit. Selain itu, perawatan chiropractic juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan meningkatkan produksi sel-sel yang membantu kekebalan tubuh. [da/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar