Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Teh Hitam Bagi Tubuh

(Foto: Alleksana, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air putih. Varian teh pun ada banyak sekali mulai teh biasa, teh hijau, sampai teh hitam. Salah satu teh yang sedang digandrungi adalah teh hitam. Cita rasa yang nikmat dan wangi yang lebih harum, menjadi salah satu penyebabnya. Selain, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Teh hitam ini memiliki kandungan antioksidan tinggi dan juga menjadi alternatif bagi mereka yang sedang memulai program diet. Ia juga baik dijadikan konsumsi minuman sehari-hari.

Sistem ini berasal dari tanaman Camellia Sinesis, Akan tetapi teh ini bisa menjadi beberapa macam-macam jenis teh, karena cara pandang dan pengolahannya yang berbeda. Seringkali Camelia Sintesis dicampur dengan tanaman lain untuk mendapatkan rasa yang berbeda seperti Earl grey.

Dalam membuat teh ini diperlukan daun teh yang sudah layu dan teroksidasi penuh. Oksidasi pada teh ini ialah terjadi ketika daun terpapar udara dalam waktu yang lama, Begitupun enzimnya akan memecah bahan kimia yang ada didaun sehingga menghasilkan warna coklat kehitaman dan harum teh yang khas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda juga harus mengetahui cara menyeduh teh hitam ini dengan benar, Yaitu Campurkan teh hitam dengan 200 ml air panas yang mendidih dan selanjutnya didiamkan selama 2- 3 menit.

Banyak sekali manfaat pada teh hitam ini karena mengandung beberapa senyawa seperti Alkaloid, asam Amino, karbohidrat, protein, klorofil, fluor, aluminium, dan mineral, Dan Polifenol yang merupakan sejenis antioksidan kuat. Teh hitam ini memiliki rasa yang lebih kuat dibanding teh lainnya karena mengandung lebih banyak kafein daripada teh lain, Namun dibandingkan dengan coffee, kafein teh ini memiliki lebih sedikit kandungannya.

Manfaat daripada teh hitam ini yaitu meningkatkan kesehatan tubuh, meningkatkan fokus, meningkatkan kesehatan usus, mengurangi tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi resiko stroke, membantu mengurangi resiko kanker, mengatasi Diabetes,dan menjaga kesehatan otak.

Adapun efek samping teh hitam ini jika dikonsumsi berlebihan yaitu mengandung racun, efek kafein, dan bagi orang yang kekurangan zat besi juga harus hati-hati karena teh hitam dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar