Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Pelihara Kucing, Cegah Serangan Jantung Hingga Bantu Anak Autisme

(Foto: Amy Baugess, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kucing memang hewan yang lucu. Banyak orang yang suka dengan hewan berbulu halus ini. Kucing juga telah menjadi hewan yang paling banyak dipelihara.

Dulu, banyak yang memelihara kucing sebagai musuh alami dari tikus. Namun, saat ini sudah banyak yang memelihara kucing karena hobi atau memang dijadikan sebagai teman. Meski masih satu keluarga dengan macan dan hewan liar lainnya, kucing adalah hewan yang jinak. Sehingga mudah untuk dipelihara dan diajari untuk bisa hidup berdampingan dengan manusia.

Ternyata, selain dijadikan teman, memelihara kucing ternyata memiliki beberapa menfaat diantaranya:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Mungkin kalian bertanya-tanya, bagaimana bisa memelihara kucing akan menurunkan risiko penyakit jantung. Memelihara hewan berbulu satu ini ternyata mampu menurunkan stress, dan mmenurut penelitian inilah yang membuat kemungkinan penyakit jantung menjadi mengecil. Dalam studi tersebut juga ditemukan bahwa orang-orang yang memelihara kucing akan memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung atau stroke yang lebih kecil.

2. Sembuhkan nyeri tulang, sendi, otot

Tak hanya tingkahnya yang membuat banyak orang gemas, ternyata dengkuran yang dikeluarkan kucing memiliki khasiat lho! Dengkuran kucing atau sering disebut sebagai purring memiliki getaran yang berkisar 20 sampai 140 Hz.

Sedangkan, dalam sebuah studi mengatakan, bahwa frekuensi getaran antara 18 hingga 35 Hz bisa memberikan efek positif pada proses penyembuhan sendi setelah cedera. Keren sekali kan?

3. Tidur nyaman

Jika kalian selama ini takut untuk tidur dengankucing karna bulu-bulunya, jangan salah, ternyata ada penelitian yang mengatakan bahwa tidur dengan kucing akan membuat seseorang merasa lebih tenang, alhasil kualitas tidu rpun meningkat.

Pusat Klinik Obat Tidur Mayo melakukan penelitian yang menunjukkan 41 persen orang dapat tidur lebih nyenyak karena hewan peliharaan mereka. Sementara 20 persen orang yang mengatakan bahwa itu menyebabkan gangguan. Ketenangan juga bisa dikarenakan oleh dengkuran kucing yang lembut dan menenangkan.

4. Membantu anak autisme

Hal ini diungkapkan oleh para peneliti dari University of Missouri, Amerika Serikat. Mereka menemukan bahwa interaksi sosial anak penderita autism dapat membaik saat dikelilingi hewan peliharan.

Begitu juga dengan peneliti dari Research Center for Human-Animal Interaction, Gretchen Carisle mengatakan hal serupa. Keterampilan sosial biasanya menajdi hal yang sulit bagi anak penderita autism, namun mereka akan lebih percaya diri bila hidup bersama hewan peliharaan.

Nah, ternyata ada banyak ya manfaat memelihara kucing. Jadi kalian tidak perlu lagi untuk memelihara hewan berkaki empat ini. Lebih lagi, bagi kalian yang tinggal sendiri, kucing bisa menjadi alarm. Yap, hewan lucu ini akan membangungkan kalian di pagi hari sebagai alarm karena mereka lapar. Alhasil kalian juga bisa bangun pagi. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar