Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Mengonsumsi Natto Bagi Kesehatan, Makanan Jepang yang Viral di Media Sosial

Makanan natto yang viral di media sosial. (Sumber: pixabay.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Berikut manfaat makanan asal Jepang bernama natto yang akhir-akhir ini viral di media sosial, utamanya adalah TikTok. Makanan tersebut mendadak membanjiri lini masa medsos untuk memamerkan makanan natto.

Bicara mengenai makanan viral sering kita temukan di berbagai media. Salah satunya adalah natto, makanan unik dari Jepang yang berasal dari fermentasi kedelai. Makanan ini memiliki tekstur berlendir, lengket, dan berserabut.

Biasanya, dalam penyajian dipadukan dengan nasi, kecap, mustard, daun bawang atau bumbu lainnya. Jika belum terbiasa kemungkinan akan terganggu dengan baunya yang menyengat.

Natto menjadi viral di media sosial karena banyak yang mencoba dan mereview rasanya. Faktanya, ada beberapa yang Tak sedikit yang beberapa kali menahan mual karena baunya. Meskipun aromanya kurang sedap, natto memiliki kandungan banyak nutrisi untuk kesehatan.

Natto terkenal bergizi karena mengalami proses fermentasi dan didalamnya mengandung probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik dengan berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat mengonsumsi natto:

Kesehatan Jantung Lebih Terjaga

Natto mampu menjaga kesehatan jantung karena ada kandungan serat dan probiotik sehingga membantu mengurangi kadar kolesterol. Disamping itu, fermentasi Natto menghasilkan nattokinase, enzim yang berperan dalam melarutkan gumpalan darah. Natto mampu menurunkan serta mengontrol tekanan darah.

Kandungan vitamin K2 dalam Natto dapat mencegah penumpukan kalsium di arteri. Pasalnya, Vitamin K2 yang dikonsumsi per hari membantu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 9%.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Natto memiliki kandungan probiotik sehingga berperan sebagai pertahanan pertama untuk usus dari racun dan bakteri berbahaya. Selain itu, bakteri probiotik berperan dalam mengurangi gas, sembelit, diare dan kembung, dan resiko gejala radang usus.

Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi lainnya pada Natto berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Memang tak bisa dipungkiri, jika makanan dengan kaya probiotik seperti Natto mampu berkontribusi besar dalam membantu mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.

Selain itu, Natto mampu meningkatkan produksi antibodi pada tubuh, mengurangi risiko infeksi bahkan membantu tubuh kembali fit lebih cepat saat sakit. Bukan hanya kaya dengan kandungan probiotiknya tinggi, Natto kaya dengan kandungan vitamin C, zat besi, dan tembaga yang memiliki peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh. (PRD/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar