Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Menangis yang Jarang Diketahui, Tak Perlu Malu Bila Perlu

Ilustrasi seorang yang menangis karena sedih. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Terkadang kita mendapatkan sebuah pandangan jika menangis menunjukkan kelemahan. Sebenarnya, menangis adalah hal yang wajar dilakukan sebagai bentuk ekspresi perasaan. Selain itu, nyatanya ada berbagai manfaat dari menangis. Inilah beberapa hal yang kita dapatkan dari menangis.

Melegakan Diri dan Menghilangkan Perasaan Sakit

Ketika kita menangis secara tidak langsung perasaan menjadi lebih tenang. Hal ini dikarenakan adanya endorfin dan oksitosin yang dilepaskan. Keduanya merupakan hormon yang membuat orang merasa lega.


Penglihatan Menjadi Lebih Baik

Kadangkala kita sering lupa minum cukup air sehingga muncul rasa haus dan dehidrasi. Hal ini berpengaruh dengan penglihatan kita karena kurang terhidrasi. Manfaat dari menangis akan membantu menghidrasi mata sehingga dapat meningkatkan fokus dan memperbaiki penglihatan.

Apalagi tanpa kita sadari hampir setiap hari mata terpapar banyak debu, dan kotoran sehingga mudah mengiritasi mata kita. Iritasi pada mata memiliki potensi berbahaya dan mampu memperburuk penglihatan. Dengan menangis akan membantu membersihkannya dan menghilangkan iritasi. Pasalnya, air mata mengandung lisozim yaitu bahan kimia anti-bakteri yang mampu membantu mata melawan infeksi.

Memulihkan Perasaan Secara Emosional

Seseorang menangis sebagai bentuk luapan emosi bukan hanya ketika sedih bahkan stres, takut, atau bahagia. Menangis menjadi sebuah cara yang membantu kita memulihkan emosional sehingga seimbang. Saat kita menangis karena sangat takut atau bahagia menangis mampu memulihkan tubuh dari emosi yang kuat.

Air mata emosional bermanfaat untuk kesehatan. Air mata dipercaya mengandung hormon stres dan racun sehingga saat menangis tubuh kita mengeluarkan semuanya.

Hidung Menjadi Lebih Bersih

Secara biologis,saluran air mata berhubungan dengan bagian dalam hidung. Maka dari itu, ketika menangis hidung menjadi berair. Manfaat inilah yang membuat kita mampu mengeluarkan iritasi dan bakteri dari hidung sama halnya dengan mata kita.

Membantu Mengatasi Insomnia Sehingga Tidur Jadi Lebih Cepat

Perasaan yang kacau cenderung merasa lebih baik setelah menangis. Hal ini dikarenakan menangis mampu mengeluarkan hormon dan racun dalam tubuh kita bahkan menurunkan tingkat stres. Selain itu, menangis dapat mengembangkan sistem kekebalan yang lebih kuat dan menurunkan resiko penambahan berat badan. Disamping itu, stres berkurang, tekanan darah bisa turun sehingga insomnia teratasi dan kita dapat tidur lebih cepat. (PRD/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar