Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Ternyata Dapat Mencegah 4 Jenis Penyakit Kronis Ini

Kopi yang diklaim bisa cegah beragam penyakit kronis. (pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kopi ternyata bukan hanya sekadar minuman berkafein untuk teman begadang, loh. Banyak khasiat kopi bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Menurut penelitian ternyata ada kecenderungan hidup lebih lama bagi penikmat kopi daripada orang yang tidak minum kopi sama sekali.

Setelah melakukan riset skala besar para peneliti menemukan bahwa ada hubungan antara minum kopi dengan risiko kematian yang lebih rendah, sebagaimana dilansir dari International Agency for Research on Cancer and Imperial College London.


Banyak orang yang mengonsumsi kopi, tanpa tahu khasiatnya untuk kesehatan. Maka dari itu simak ulasannya seputar manfaat kopi untuk kesehatan berikut ini, ya!

1. Membantu meringankan penyakit dimensia

Menurut Jurnal of Alzheimer’s risk yang diterbitkan pada tahun 2012 serta studi yang dilakukan di Swedia dan Finlandia pada tahun 2009, menyatakan bahwa seseorang yang minum 3-4 cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan 60% resiko demensia dan penyakit Alzheimer.

Kandungan senyawa bioaktif yang terdapat pada kopi, seperti kafein, asam klorogenat, trigonelin, dan kafestol membantu meningkatkan fungsi otak. Sebagian besar senyawa ini adalah antioksidan yang mampu melawan kerusakan akibat radikal bebas berbahaya dalam sel.

Kafein sebagai kandungan utama kopi ternyata mempengaruhi daya ingat. Kafein memberikan efek positif yang signifikan pada memori jangka pendek dan jangka panjang.

Kafein juga berfungsi sebagai stimulan yang dapat meningkatkan suasana hati, fokus, dan kewaspadaan. Hal ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi produktivitas dan aktivitas sehari-hari.

2. Melindungi kesehatan liver

Secara mengejutkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat melindungi hati (liver) dari kerusakan. Journal of Hepatology mengungkapkan bahwa meminum 2 hingga 3 cangkir kopi perhari dapat mengurangi risiko banyak penyakit yang berhubungan dengan organ hati, seperti hepatitis c dan fibrosis hati.

Hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa seseorang yang minum satu cangkir kopi perhari dapat mengurangi resiko sakit liver sebanyak 15%. Kemudian bagi orang yang minum 3 hingga 4 gelas kopi perhari berada pada risiko 70% lebih rendah dari pada orang yang tidak meminum kopi sama sekali.

3. Membantu meringankan sindrom Parkinson

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of Neurologi pada tahun 2012, ternyata kafein yang terdapat pada kopi dapat membantu meringankan gejala penyakit Parkinson bagi pengidapnya.

Kafein juga dapat memperkecil resiko terkena penyakit ini bagi non penderita sebanyak 29 persen. Yakni, dengan minum tiga cangkir kopi perhari.

4. Dapat mengurangi resiko terkena kanker

Menurut beberapa penelitian, diterbitkan dalam jurnal Nasional of Cancer Institute, minum kopi sebanyak tiga atau lebih cangkir perhari dapat mengurangi resiko terkena kanker kulit melanoma dan kanker hati sebesar 20%.

Itulah beberapa manfaat kopi bagi kesehatan. Namun demikian, bukan berarti kamu harus menjadi pecandu kopi untuk mendapatkan manfaatnya. Konsumsilah kopi dalam jumlah yang sedang dan tidak berlebihan. Food and Drug Administration (FDA) telah menyatakan orang dewasa yang sehat memiliki ambang batas konsumsi kopi sekitar 4-5 cangkir (400 miligram) setiap hari untuk menghindari efek samping yang berpotensi berbahaya atau merugikan.

Kopi juga bukan serta merta menjadi pengganti obat-obatan atau terapi yang dijalani untuk kesembuhan dari beberapa penyakit di atas. Tetap konsultasikan kepada dokter mengenai kebiasaan konsumsi kopimu. Terutama bagi kamu yang memiliki riwayat kesehatan, seperti insomnia, hipertensi, atau osteoporosis, ada baiknya hindari kafein dan mengganti kopi dengan teh herbal.

Sedangkan bagi ibu hamil, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang besar. Begitu pula dengan anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Perhatikan juga kualitas dan komposisi kopimu. Pastikan kamu mengonsumsi kopi tanpa gula atau dengan lebih sedikit gula di dalamnya. Serta olahan-olahan kopi yang sederhana tanpa menambahkan banyak komposisi bahan yang bisa jadi mengurangi manfaatnya. (Kai/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev