Ragam

Manfaat Konsumsi Buah Lontar atau Siwalan, Bisa Jadi Tips Cepat Punya Anak

Ilustrasi buah lontar atau siwalan yang kaya akan manfaat. (Instagram @subardini_rahayu)

Surabaya (beritajatim.com) – Buah Lontar atau yang juga kerap disebut Siwalan, merupakan buah yang banyak dijumpai di daerah tropis Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan juga Sulawesi. Buah yang masuk ke dalam golongan palma ini bentuknya hampir mirip dengan kolang kaling. Hanya saja tekstur lontar lebih lunak.

Selain itu, buah lontar juga lebih banyak mengandung air. Sehingga tak hanya nikmat, tetapi juga rasanya segar ketika disantap. Tak ayal jika banyak orang yang menyukainya. Bahkan, mengonsumsi buah lontar juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Hal ini tidak lepas dari kandungannya yang kaya akan nutrisi.

Merawat sistem pencernaan

Buah lontar dipercaya dapat membuat sistem pencernaan lebih terawat. Hal ini karena kandungan seratnya yang tinggi. Bahkan, juga mampu untuk mengatasi masalah sistem pencernaan, seperti sembelit dan diare.

Mencegah dehidrasi

Kandungan air pada buah ini mencapai 90 persen, tak ayal dengan kadar air yang tinggi tersebut berguna untuk menambah cairan tubuh pada seseorang yang mengonsumsinya. Sehingga tidak mengalami dehidrasi.

Merawat fungsi hati dan ginjal

Kadar air pada buah lontar tidak hanya berguna untuk mengatasi dehidrasi seseorang, melainkan juga sangat bermanfaat untuk merawat fungsi hati dan ginjal. Selain itu juga dapat mencegah kedua organ vital tersebut dari serangan penyakit tertentu.

Menjaga kesehatan kulit

Buah lontar juga kaya akan vitamin C yang memiliki sifat antioksidan. Tak ayal jika buah ini cocok untuk dikonsumsi, terlebih bagi mereka yang ingin terhindar dari permasalahan kulit, seperti jerawat hingga tanda-tanda penuaan.

Mencegah diabetes

Banyak juga orang yang percaya bahwa buah lontar dapat mengobati penyakit diabetes. Hal ini lantaran kandungan glikemiknya yang rendah, sehingga cocok untuk dikonsumsi mereka yang alami diabetes.

Meningkatkan kesuburan

Bagi para pria yang berencana memiliki momongan, maka disarankan untuk mengonsumsi buah lontar. Rutin mengonsumsi buah ini dipercaya dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas sperma. Selain itu, banyak orang juga percaya bahwa buah lontar dapat mengatasi disfungsi ereksi atau impotensi.

Antibiotik

Kandungan enzim di dalam buah siwalan ini berguna sebagai antibiotik. Menurut sebuah penelitian, buah ini efektif untuk mengurangi pertumbuhan mikro organisme jahat, seperti virus dan juga bakteri yang mengancam kesehatan tubuh.

Atasi stres

Selain untuk kesehatan kulit, kandungan vitamin C juga dipercaya untuk mengatasi stres yang dialami seseorang. Terlebih jika buah ini dikonsumsi dalam bentuk minuman dingin, maka secara tidak langsung akan mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik. (fyi/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar