Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Jahe Merah Untuk Perempuan

(Foto: Joris Neyt, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Indonesia dianugerahi alam yagn subuh dan sangat kaya ragam hayati. Kita punya bayak ragam rempah-rempah yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, selain dijadikan bumbu. Begitu pula dengan jahe, ada banyak sekali ragam jahe yang tumbuh dan hidup di Indonesia. Mulai dari jahe biasa, jahe merah, jahe emprit, sampai jahe gajah.

Jahe merah adalah salah satu jenis jahe yang dikenal memiliki banyak manfaat. Tanaman yang memiliki nama latin zingiber officinale Roxb ini dinilai memiliki banyak senyawa yang bermanfaat seperti zingeron, gingerol, serta shogaol. Namun, terkhusus bagi perempuan jahe merah memiliki manfaat tersendiri.

Pereda sakit saat PMS

Saat mendekati menstruasi atau masa PMS banyak wanita yang mengalami sakit di bagian perut hingga menimbulkan Keram. Namun bagi sebagian wanita sering sekali mengonsumsi teh atau rebusan jahe ini karena dipercaya mampu membantu meredakan sakit yang dirasakan.

Memperkuat kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh menjadi salah satu isu penting di masa pandemi. Selain mengandalkan kekebalan imun dari vaksin, menjaga kekebalan tubuh secara alami melalui jahe merah juga penting untuk dilakukan. Adapun dengan mengonsumsi jahe secara teratur dipercaya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan bisa mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh.

Meningkatkan kesuburan

Jahe merah memiliki kandungan L-arginine Yang dipercaya mampu berfungsi untuk kelancaran sirkulasi darah di dalam tubuh, Secara tidak langsung bisa membantu pasukan oksigen ke rahim dan ovarium. dimana disana merupakan tempat sel telur diproduksi.

Mengurangi kolesterol jahat

Salah satu studi menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi jahe merah setiap hari bisa mengalami penurunan kolesterol jahat lebih tinggi dan trigliserida dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi jahe merah ini.

Anti Aging alami

Kandungan anti oksidan pada jahe merah mampu menjaga kulit tampak lebih cantik dan sehat dan bisa menangkal radikal bebas yang mempercepat kerusakan kolagen di kulit. Dan jahe merah juga mampu membantu meningkatkan Elastisitas dan kehalusan kulit.

Mencegah kanker

Beberapa penelitian mengatakan bahwa sel kanker bisa dicegah dengan mengonsumsi jahe merah secara teratur, karena kandungan antioksidan yang terdapat pada jahe merah ini.

Mencegah inflamasi usus

Mengkonsumsi jahe dipercaya menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan, karena komponen zat aktifnya mampu bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. dimana Kandungan zingeron pada jahe bisa menghambat enzim yang memicu radang pencernaan. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar