Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Jagung Manis Rebus, Bisa Jadi Pengganti Nasi Bernutrisi Tinggi

Ilustrasi jagung manis rebus pengganti nasi. (Foto: Ist.)

Surabaya (beritajatim.com) – Para penggemar cemilan, tentu saja sering menemukan jagung manis rebus sebagai salah satu camilan yang sering dijual para pedagang kaki lima bahkan pusat perbelanjaan. Biasanya, jagung manis rebus memiliki dua bentuk yaitu secara utuh dan diserut.

Walaupun berbeda bentuk, namun dari segi rasa tetap sama, enak, dan manis sehingga mampu menggugah selera. Selain itu, faktanya jagung manis rebus di Indonesia memang populer menjadi camilan yang cukup mengenyangkan.

Bukan hanya itu, jagung manis rebus mengandung nutrisi sehingga kita dapat merasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh ketika dikonsumsi secara rutin.

Berikut beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada jagung manis rebus yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

Karbohidrat

Inilah alasan jagung manis rebus dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Di beberapa negara, jagung manis rebus merupakan makanan pokok khususnya Amerika Tengah dan Selatan. Pada 100 gram jagung manis rebus terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 21 gram.

Meskipun memang tidak sebanyak dengan kandungan karbohidrat pada nasi, namun hal ini cukup memberikan asupan karbohidrat.

Maka dari itu, kandungan pada jagung terdapat karbohidrat yang tinggi sehingga cocok untuk makanan pokok karena mampu mengenyangkan serta memberikan tenaga dalam beraktivitas seharian.

Vitamin B

Manfaat dari kandungan ini adalah memelihara sistem saraf supaya tetap terjaga kesehatannya. Adapun jenis vitamin B yang terdapat pada jagung manis rebus yaitu vitamin B3, B5, B6, dan B9.

Secara umum, kandungan vitamin B kompleks pada jagung manis rebus bermanfaat untuk mengatasi rasa depresi, penghasil sel darah merah, melindungi kesehatan kulit, mencegah Alzheimer, dan lain sebagainya.

Namun, lain halnya ketika dikonsumsi ibu hamil, vitamin B kompleks pada jagung rebus mampu mengatasi rasa morning sickness dan mencegah anemia.

Serat

Keunggulan dari jagung manis rebus sangat kaya serat membuat kita lebih lama merasa kenyang setelah mengkonsumsinya.

Walaupun begitu, ada kandungan serat yang tidak larut seperti hemiselulosa, selulosa, dan lignin. Manfaat lain dari kandungan serat yang tinggi adalah memperlancar saluran pencernaan dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah. (PRD/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar