Ragam

Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan, Tingkatkan Fungsi Otak hingga Turunkan Berat Badan

Sumber foto: Antoni Shkraba/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Salah satu tanaman herbal yang populer dan kaya akan manfaat adalah daun mint. Juga dikenal dengan nama Pudina, daun mint memiliki rasa yang khas, sehingga banyak orang mencampurkannya dengan makanan atau minuman lain.

Ternyata, apabila dikonsumsi secara rutin, daun mint dapat membawa dampak baik untuk tubuh. Apa saja? Simak 6 manfaat daun mint untuk kesehatan berikut ini.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Perlu kalian ketahui bahwa daun mint mengandung berbagai zat yang menutrisi. Seperti fosfor, kalsium, dan vitamin A, C, D, atau E. Semua nutrisi tersebut apabila dikonsumsi mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, daun mint juga bertugas melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Alhasil, kalian akan terhindar dari risiko penyakit.

2. Atasi gangguan pencernaan

Daun herbal satu ini mampu merangsang keluarnya enzim pencernaan, sehingga membuat sistem pencernaan akan lebih sehat. Minyak mint juga memiliki sifat antiseptic dan antibakteri yang mampu melawan gangguan pencernaan. Itulah mengapa daun mint juga kerap dimanfaatkan sebagai obat anti-spasmodik karena adanya kandungan methanol.

3. Bantu lancarkan pernapasan

Bagi kalian penderita asma, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun mint. Kalian mungkin juga pernah menemukan berbagai minyak yang mengandung daun mint, dan apabila dihirup bisa membantu pernapasan yang tersumbat. Ini karena daun mint berfungsi sebagai relaksan yang baik, ada efek menenangkan bagi penggunanya. Kandungan mentol didalamnya akan mengatasi hidung tersumbat sehingga pernapasan lancar, iritasi yang disebabkan batuk kronis juga akan berkurang.

4. Meningkatkan fungsi otak

Percaya tidak percaya, daun mint memang memiliki khasiat yang berpengaruh untuk kesehatan otak. Aroma minyak esensial yang khas, apabila dihirup ternyata dapat meningkatan memori secara signifikan. Selain itu kalian akan lebih rileks, segar, serta rasa lelah juga berkurang.

5. Pereda nyeri

Sering merasa nyeri di kepala, otot, sendi, atau akibat dari luka-luka? Maka kalian bisa coba obati menggunakan daun mint. Yap, daun satu ini bisa dimanfaatkan sebagai pereda nyeri alami, ekstraknya pun terbukti bisa sebagai obat luar untuk meningkatkan ambang batas nyeri pada manusia.

6. Turunkan berat badan

Daun mint menjadi tanaman yang patut dicoba bagi kalian yang tengah berusaha menurunkan berat badan. Tentunya dengan cara yang sehat! Ini karena daun mint memiliki manfaat untuk pencernaan serta meningkatkan metabolisme yang menurunkan berat badan. Kalian bisa mengolah daun mint sebagai teh agar lebih mudah.

Bagaimana? Tertarik mencoba olahan daun mint? (mnd/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV dan Foto

BPOM RI Segel Jamu Tradisional di Banyuwangi

Korban Pelecehan Harus Berani Lapor

Coba Yuk Spa Kurma di Surabaya