Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Daun Kari Bagi Penderita Kolesterol

(Foto: Vividd, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Mungkin nama daun ini masih terdengar asing di telinga Anda. Bentuknya mirip daun salam dengan ukuran yang lebih kecil. Di beberapa daerah seperti Aceh, daun ini di sebut daun salam koja. Ia disebut daun kari karena menjadi salah satu bahan yang wajib ada ketika membuat kari.

Selain di Aceh, daun ini juga menjadi salah satu bahan khas makanan India. Ternyata selain berbagai macam variasi masakan digunakan, daun ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan salah satunya mengendalikan kolesterol.

Di negara India daun ini disebut Kadhi patta Dan banyak di gunakan sebagai ramuan Aromatik. Daun Kari biasanya digunakan dalam masakan India Selatan karena memiliki aroma yang kuat dan membuat hidangan tersebut memiliki rasa yang khas dan menonjol.

Dikabarkan dan ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, kalium, kalsium, serat, tembaga, zat besi, dan nutrisi penting lainnya, tradisi ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit seperti kolesterol, Diabetes, hingga masalah pencernaan.

Banyak para ahli menjelaskan bahwa kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. oleh karena itu mencampurkan makanan dengan daun Kari bisa diyakini dapat membantu mengurangi Kadar Kolesterol dan trigliserida atau jenis lemak yang banyak ditemukan dalam daerah serta bisa juga berguna untuk menurunkan resiko masalaH jantung.

Menurut sebuah peneliti di america menemukan bahwa daun Kari memiliki manfaat menurunkan kolesterol dan kadar glukosa darah. penelitian ini dilakukan pada tikus Diabetes, dan mereka menyimpulkan bahwa ekstrak daun Kari secara signifikan mampu menurunkan kolesterol darah dan kadar glukosa darah.

Namun penelitian lain juga menyatakan bahwa daun Kari memiliki manfaat lain untuk kesehatan. dengan mengkonsumsi daun Kari secara teratur, dapat membantu menurunkan kadar gula darah karena mengandung antioksidan yang mampu mencegah konversi pati menjadi glukosa, sehingga menghasilkan pengendali kadar Diabetes.

Dan kali ini juga diyakini mampu membantu merangsang Sekresi enzim pencernaan yang dapat meredakan gejala muntah dan mual atau mengurangi morning sickness pada ibu hamil. Tidak cuma itu daun kari juga mampu menyelesaikan beberapa masalah pencernaan seperti gangguan pencernaan diare dan sembelit.

Perlu di garisbawahi penelitian manfaat daun Kari masih membutuhkan penelusuran lebih lanju.. jika pun anda ragu anda bisa menanyakan terlebih dahulu soal manfaat dan kali ini ke ahli kesehatan. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar