Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Buah Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

(Foto: Hariadhi, Wikipedia)

Surabaya (beritajatim.com) – Hampir semua dari kita pernah mendengar nama buah simalakama. Selain dari lagu dangdut berjudul sama, juga dari peribahasa lawas yang berbunyi, ‘bagai makan buah simalakama, dimakan bapak mati, tak dimakan ibu yang mati’.

Namun, tak semua dari kita mungkin tahu seperti apa sebenarnya bentuk buah simalakama tersebut. Meski di peribahasa simalakama terkesan buruk dan tidak ada manfaatnya nyatanya, buah ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bahkan, buah yang memiliki nama lain buah mahkota dewa ini sering dijadikan sebagai bahan obat tradisional. Tetapi, jika tak hati-hati, buah ini juga bisa bersifat toksik atau beracun pada bagian biji buahnya.

Buah mahkota dewa adalah salah satu tanaman tradisional yang berasal dari daerah Papua. Akan tetapi, saat ini sudah banyak ditemukan dibeberapa kota lain di Indonesia seperti Solo, Jogja dan lain-lain. Buah mahkota dewa bagi sebagian daerah dikenal dengan sebutan Makuto ratu, makuto Rojo, hingga pusaka dewa.

Nama buah simalakama sering diartikan sebagai “langkah yang serba salah”, namun dengan mengkonsumsi buah mahkota dewa justru memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan tubuh. Untuk mengonsumsi Buah simalakama ini hanya boleh dimakan pada bagian daging buahnya saja karena biji pada buah ini mengandung racun.

Lantas apa saja kandungan dan manfaat mahkota dewa bagi kesehatan?

Hampir seluruh Pada bagian tanaman Mahkotadewa bisa dimanfaatkan sebagai obat kecuali bagian bijinya. Buah mahkota dewa mengandung zat saponin, Alkaloid, flavonoid, dan polifenol yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat Buah mahkota dewa juga ada pada bagian daun nya karena mengandung anti histamin, alkaloid, saponin dan Polifenol sementara kulit buahnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal karena mengandung alkaloid, saponin, dan Flavonoid.

Mengurangi kadar minyak pada kulit wajah

Daging pada buah mahkota dewa seringkali dijadikan sebagai produk herbal yaitu teh mahkota dewa teh ini dipercaya dapat mengurangi kulit terlihat kusam dan mengurangi kemungkinan munculnya jerawat. Walaupun demikian teh mahkota dewa sebaiknya hanya di konsumsi 1 kali dalam 1 minggu untuk menghindari kemungkinan terjadinya keracunan, namun penelitian juga menunjukkan bahwa rutin meminum teh mahkota dewa selama dua bulan akan mengalami pengurangan kadar minyak dikulit.

Bersifat antihistamin

Penelitian lain juga berpendapat bahwa mahkota dewa bisa Meredakan gejala alergi alias anti histamin. histamin adalah salah satu jenis obat yang sering digunakan untuk meredakan hay fever, biduran, konjungtivitas, serta reaksi alergi yang digigit serangga. manfaat antihistamin juga bisa meredakan motion sickness dan anemia jangka pendek

Bersifat antiradang

Mahkota dewa juga bisa mengatasi aktivitas Peradangan yang ada di dalam tubuh karena adanya kandungan hidroksi benzofenon glukosida, dengan mengkonsumsi buah mahkota dewa pada Dosis tertentu, juga mampu menurunkan rematik, Diabetes, hingga asam urat. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar