Ragam

Manfaat Bawang Lanang Untuk Tubuh

(Foto: LoboStudio Hamburg, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Bawang lanang atau Bawang Putih tunggal adalah jenis bawang yang hanya memiliki satu siung dalam satu lapisan kulit. Berbeda dengan bawang bombay, bawang putih dan bawang merah umumnya yang banyak siung dan buah. Ukurannya pun relatif kecil, 2-5 cm. Bawang jenis ini memiliki warna putih keunguan dan aroma yang cukup kuat.

Ada manfaat atau khasiat yang dihasilkan dari bawang lanang atau bawang tunggal ini. Salah satu khasiatnya dapat menurunkan berat badan. Sedangkan untuk konsumsi bawang lanang atau bawang tunggal, dapat dikonsumsi bersama madu atau langsung sebagai bumbu masakan, umumnya berupa bawang putih. Berikut ini beberapa manfaat bawang lanang.

Menurunkan kadar kolesterol

Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida sekitar 20 mg/dl dalam tubuh manusia. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengupas 3-4 siung bawang putih dan memakannya saat perut kosong.

Cegah demensia pada otak manusia

Bawang lanang juga dikenal sebagai bawang yang abnyak mengandung antioksidan yang membantu melindungi otak dari kerusakan sel dan penuaan. Anda dapat mencegah demensia dan penurunan fungsi otak.

Kurangi risiko flu dan batuk

mengkonsumsi bawang lanang atau bawang tunggal dapat membantu meredakan pilek dan batuk. Dengan memperkuat kekebalan tubuh, Anda dapat mencegah penularan penyakit lain.

Turunkan berat badan

Seperti yang Anda ketahui, mengkonsumsi bawang lanang juga bisa dijadikan sebagai diet penurunan berat badan. Ada zat yang bisa mencegah penumpukan lemak yang terkandung dalam bawang lanang.

Anti diabetes

menurunkan dan mengontrol gula darah dapat dilakukkan dengan konsumsi bawang lanang secara teratur. Untuk menikmati manfaat ini, cukup giling satu siung bawang lanang dan langsung makan. Anda juga bisa mencampur bawang lanang dan madu rendah gula untuk menambah rasa.

Tingkatkan stamina

Makan bawang lanang secara teratur saja akan membantu Anda memiliki stamina yang lebih stabil. Plus Olahraga dapat meningkatkan stamina secara signifikan dibandingkan sebelum mengonsumsi satu siung bawang lanang.

Obati asma

Zat anti radang dalam bawang putih dapat menyembuhkan asma. Cara mengkonsumsinya adalah dengan memakan buah utuh dan meminum madu yang dicampur dengan air hangat. Lakukan pagi dan sore. Semoga bermanfaat (ptr/tur)



Apa Reaksi Anda?

Komentar