Iklan Banner Sukun
Ragam

Makna dari Kata ” Cut Off” yang Viral di Media Sosial, Berikut Bahasa Gaul Lainnya

Ilustrasi orang-orang yang bermain media sosial. (fauxels, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Media sosial selalu menghadirkan hal baru setiap hari. Media sosial TikTok menjadi platform yang memunculkan berbagai kata dan informasi baru sehingga viral. Kata viral yang sedang menjadi perbincangan adalah istilah cut off.

Asal mula kata ini muncul dari salah satu konten kreator bernama Bella Tobing dalam sebuah acara talkshow. Pada acara yang disiarkan secara streaming, Bella Tobing berperan sebagai bintang tamu. Disana, Bella membicarakan tentang kehidupannya seperti pergaulan dengan sesama konten kreator di TikTok.

Ketika host acara memberikan pertanyaan, Bella bercerita mengenai hubungan pertemanannya dengan kreator bernama Reizuka Ari. Dia menyampaikan jika mereka mengalami ketidakcocokan sehingga dia terpaksa meng-cut off Rei dari circle pertemanannya. Sejak muncul cuplikan perbincangan di media, akhirnya menjadi viral istilah cut off.

Sontak, hal ini membuat warganet penasaran sehingga mencari tahu istilah dari kata Cut off. Sebenarnya, secara harfiah, cut-off terdapat dua suku dalam bahasa Inggris yaitu cut berarti memotong, dan off berarti mati.

Jika ditelusuri dari Dictionary Cambrige, cut off memiliki makna tindakan dalam menghentikan sesuatu. Namun, ada yang memberikan defnisi lain cut off dengan memotong atau memisahkan dari hal-hal yang biasanya berhubungan dengan mereka.

Memang benar, istilah cut off dapat digunakan untuk berbagai konteks. Tapi, dalam konteks pembicaraan yang viral di media sosial, cut off bermakna memutus hubungan pertemanan, mulai dari komunikasi, ataupun relasi.

Sebenarnya bukan hanya istilah Cut Off yang viral di media. Ada banyak istilah-istilah lain yang banyak digunakan oleh anak muda seperti “YGY” yang menjadi singkatan dari Ya Gaes Ya, “YSY” singkatan dari Ya Sayang Ya.

Istilah lain adalah “POV” singkatan dari point of view, “Ngab” sebagai bentuk panggilan untuk mas, kak, atau sapaan lainnya. Kemudian yang sempat ramai adalah kata “Ghosting” yang berarti ditinggal oleh seseorang tanpa kejelasan.

Meskipun memang berawal dari TikTok, tapi istilah dari kata gaul ini semakin meluas di media sosial lain bahkan kehidupan nyatanya sudah mulai digunakan dalam berkomunikasi secara langsung. (PRD/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar