Iklan Banner Sukun
Ragam

3 Makanan Penambah Nafsu Makan Ketika Sakit, Begini Penjelasannya

Ilustrasi orang yang tidak nafsu makan. (Andres, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kurang nafsu makan menjadi salah satu dampak dari orang sakit. Masalahnya, ketika kondisi tubuh kurang sehat, kita justru perlu makanan untuk menjaga kebutuhan gizi serta membantu penyembuhan. Tapi, ketika sakit seringkali orang sakit merasa mual, lebih sedikit makan karena nafsu makan turun secara drastis.

Ketika dalam masa pemulihan, lebih baik perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat gizi penting bagi tubuh. Jika termasuk kasus penyakit berat, maka lebih baik untuk mendapatkan asupan makanan cair.

Jika penyakit masih tergolong ringan seperti tenggorokan, pilek, atau masalah perut termasuk gangguan pencernaan. Beberapa makanan ini kemungkinan mampu mengembalikan nafsu makan orang yang sedang sakit saat masa pemulihan:

Oat Meal

Masalah pada gangguan pencernaan, maka lebih baik untuk mengkonsumsi makanan tawar. Selain roti tawar, ada jenis makanan tawar lain dengan kandungan cukup kalori, vitamin, dan mineral saat masa pemulihan yaitu oatmeal.

Ada penelitian yang membuktikan bahwa serat beta-glukan pada oatmeal mampu membantu meredakan peradangan pada usus. Saat peradangan berkurang, maka gejala atau gangguan pencernaan seperti sakit perut, kembung, dan diare lebih mudah hilang.

Sup Ayam

Besar kemungkinan, ini adalah makanan wajib hampir semua orang yaitu Sup Ayam. Makanan andalan yang pas dijadikan penambah nafsu makan kala pilek atau demam.

Kandungan dari sup ayam adalah kalori, protein, vitamin, dan mineral. Bukan hanya itu, kandungan air dan elektrolit di dalamnya dapat mencegah dehidrasi sehingga keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga.

Ada penelitian yang menyatakan bahwa sup ayam mampu melegakan hidung mampet karena pilek. Manfaat itu berasal dari sistein atau sejenis asam amino yang mampu melawan virus serta meredakan peradangan.

Yoghurt

Kondisi tubuh kurang baik menimbulkan tidak nafsu makan. Jika hal itu terjadi, coba untuk konsumsi beberapa sendok makan yogurt. Produk susu ini bentuknya tidak begitu padat, namun mengandung kalori dan gizi yang mampu memenuhi kebutuhan harian saat masa pemulihan.

Kandungan probiotik pada yogurt cocok untuk pencernaan serta mampu mempercepat proses penyembuhan. Hal ini karena adanya bakteri baik pada probiotik sehingga mampu meningkatkan fungsi sistem imun serta meredakan peradangan dalam tubuh. (PRD/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar