Iklan Banner Sukun
Ragam

Makanan-Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif Sarapan Penderita Maag

(Foto: Andrea Piacquadio, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Maag adalah salah satu penyakit pencernaan yang marak terjadi dan sering kita temui. Meski terkesan sederhana dan identik dengan telat makan, jika dibiarkan terus-menerus, maag bisa menyebabkan penderitanya terkena GERD. Melakukan pola makan teratur, terutama sarapan adalah langkah sederhana yang bisa dilakukan agar maag tidak kambuh dan menjadi semakin parah.

Menurut penelitian waktu yang baik dan dianjurkan untuk sarapan ialah sebelum jam sembilan pagi. Makan di atas kurun waktu tersebut tidak dikategorikan dengan sarapan. Aktivitas makan pagi ini, selain bisa menambah energi tentu salah satu cara agar terhindar dari timbulnya berbagai jenis penyakit. Untuk penderita sakit maag ada jenis sarapan khusus yang bisa dilakukan agar rasa sakitnya tidak kambuh kembali. Berikut beberapa di antaranya ialah:

Perasan lemon

Siapa menyangka bahwa jeruk lemon memiliki kandungan yang baik untuk penderita maag, jika dibandingkan dengan buah sejenisnya, seperti buah jeruk dan jeruk nipis. Lemon dipercaya dapat mengatasi asam lambung atau penyakit maag. Cara mengkonsumsinya ialah dengan cara mencampurkan perasan lemon yang tidak perlu terlalu banyak ke dalam air hangat. Lemon hangat ini dianjurkan untuk diminum ketika perut dalam kondisi masih kosong.

Wedang Jahe

Jahe memang salah satu olahan obat alternatif bagi beragam jenis penyakit, termasuk maag. Jahe yang mengandung gingerol dipercaya baik untuk metabolisme tubuh dan peredaran darah. Caranya hampir sama dengan lemon hangat, namun jahe yang sudah dikupas dan dicuci bersih dapat dicampurkan dengan teh hangat. Untuk hasil lebih baik, dianjurkan untuk tidak menambahkan gula.

Buah nanas, pepaya, dan pisang

Buah-buahan memang dianggap bagus bagi kesehatan tubuh karena kandungan baik di dalamnya. Namun, tidak semua buah cocok dikonsumsi bagi penderita sakit maag. Beberapa buah yang disarankan untuk menghindari kambuhnya maag, ialah dengan mengonsumsi buah nanas dan pepaya. Kandungan enzim bromelin pada nanas dan enzim papain pada pepaya sangat cocok untuk mencegah timbulnya maag.

Tidak hanya nanas dan pepaya, buah pisang juga sangat baik dikonsumsi. Menurut penelitian, mengkonsumsi buah pisang yang sudah matang dapat membantu melapisi bagian esophagus yang rusak. Namun, jenis pisang kepok dan pisang ambon tidak dianjurkan bagi penderita maag.

Gandum

Gandum berfungsi melemaskan bagian bawah pada esophagus yang merupakan saluran pencernaan sebelum lambung. Hal ini bertujuan agar saluran penghubung esophagus dapat tertutup sempurna hingga mencegah cairan lambung naik ke atas atau gerd. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar