Ragam

Makanan Favorit Bung Besar, dari Tempe hingga Bagar Hiu

Bung Karno, Presiden Pertama RI (sumber : istimewa)

Surabaya (beritajatim.com) – Soekarno merupakan salah satu Founding father bangsa Indonesia, perjuangannya diakui oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia, untuk memerdekakan Indonesia dari cengkeraman penjajahan Belanda dan Jepang.

Setelah kemerdekaan 17 Agustus 1945 Soekarno dilantik menjadi Presiden pertama Republik Indonesia, di bawah kepemimpinannya, Indonesia menjadi salah satu negara yang diakui di dunia. Kecintaannya kepada Indonesia tidak pernah diragukan lagi, salah satunya melalui makanan, Soekarno sangat menyukai makanan-makanan masakan Indonesia, berikut makanan Indonesia yang disukai Bung Besar.

Tempe

Presiden Soekarno sangat menyukai tempe, salah satu jenis tempe yang disukainya adalah tempe bacem. Hal tersebut salah satunya diceritakan oleh istri Soekarno Fatmawati dalam buku yang berjudul Fatmawati Catatan Kecil Bersama Bung Karno.

Kue Pelite

Saat diasingkan di Pulau Bangka bersama Bung Hatta dan Agoes Salim, Soekarno menikmati Kue Pelite, kue khas daerah Bangka, sambil merumuskan strategi politik dalam wacana geopolitik saat itu.

Sayur lodeh

Menurut Ibu Presiden Pertama Republik Indonesia, Fatmawati. Selain tempe, Bung Karno sangat menyukai Sayur Lodeh.

Sayur Asem

Menurut Haryatie, salah satu Istri dari Bung Karno berucap dalam bukunya berjudul Haryatie, Soekarno The Hidden Secret menjelaskan bahwasanya Bung Besar sangat suka sayur Asem dan juga juga sambalnya.

Bagar Hiu

Ketika pengasingan di Bengkulu pada tahun 1938-1942 Soekarno jatuh cinta pada masakan khas Bengkulu, yaitu Bagar Hiu. Bagar hiu merupakan salah satu kuliner khas Bengkulu yang langka. Namun bagar hiu cukup populer saat bulan Ramadhan.

Selain lima makanan khas itu, Bung karno juga menyukai Rawon, Mie Goreng dan masakan-masakan daerah yang lain, yang terpenting lagi sebagai bentuk totalitas kecintaan Soekarno pada Bangsa Ini, pemerintahan beliau menerbikan buku masakan resmi pertama yang ada di Indonesia berjudul Mustika Rasa, buku yang berisikan resep-resep masakan khas Indonesia. [dep/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar