Iklan Banner Sukun
Ragam

Makan Lebih Banyak Serat, Ini Sejumlah Cara Turunkan Tingakt Kolesterol

(Foto: Jiangxulei1990, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Dimasa pandemi ketika kondisi tubuh sedikit saja tidak fit bisa berakibat fatal, menjaga kondisi tubuh menjadi hal yang penting dilakukan. Termasuk ketika kita memiliki kadar kolestrol tinggi. Hal ini bisa saja menyebabkan kematian.

Namun, beberapa cara alternatif seperti menjaga pola makan, menerapkan gaya hidup sehat, serta banyak olahraga mampu menurunkan tingkat kolestrol. Inilah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menurunkan tingkat kolestrol:

Kurangi makan daging

Sebuah penelitian yang dilansir dari laman Live strong, Rabu (27/10/2021) menunjukkan bahwa sebagian besar jenis protein hewani, bahkan yang memiliki lemak jenuh rendah seperti ayam tidak baik bagi Anda yang memiliki kolestrol. Penelitian yang dilakukan oleh Jurnal Nutrisi Klinis Amerika pada Juni 2019 ini mengamati orang dewasa yang sehat antara usia 21 dan 65 tahun.

Mereka diminta untuk mengonsumsi makanan yang mengandung daging merah, daging putih, serta protein nabati seperti kacang-kacangan, selama empat hari. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi protein nabati menunjukkan penurunan kolesterol darah.

Masak dengan minyak biji-bijian

Bagi Anda yang sering mengalami masalah peningkatan jumlah kolestrol, cobalah untuk memasak dengan minyak biji-bijian. Menurut sebuah analisi besar yang diterbitkan dalam Jurnal Penelitian Lipid di Jerman pada September 2018 menyebutkan bahwa minyak yang berasal dari biji bunga matahari, safflower, dan minyak biji rami lebih efektif menurunkan kadar kolesterol LDL Anda.

Penelitian lain menunjukkan bahwa safflower menduduki puncak daftar pertama dalam menurunkan kolesterol LDL, diikuti oleh minyak kanola. Sementara itu cobalah untuk mengurangi mentega untuk menumis karena berbahaya bagi Anda penderita kolestrol.

Makan lebih banyak serat

Mengonsumsi banyak serat, apalagi serat mudah larut dapat membantu menurunkan kolesterol karena mengikat kolesterol di usus dan membawanya keluar dari tubuh. Menurut jurnal yang dikemukakan oleh Asosiasi Lipid Nasional mengatakan bahwa makan lima hingga 10 gram serat larut sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL Anda sebesar 5 hingga 11 poin.

Manfaat yang baik ini bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi oat atau gandum. Berdasarkan sebuah jurnal penelitin yang dipublikasikan pada Juni 2016, mengonsumsi makanan yang mengandung gandum dapat menurunkan tingkat LDL. [rsf/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar