Iklan Banner Sukun
Ragam

Mahasiswa baru ingin sukses? Kenali 4 cara mengasah softskill

(Foto: Ivan Samkov, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Universitas atau kampus memang bukan sekadar tempat mencari ilmu secara akademis. Berbeda dari sekolah di tingkat bawahnya, para civitas akademika di kampus memiliki jangkauan dan kebebasan yang lebih luas untuk belajar dan mengembangkan diri.

Mahasiswa, sebagai salah satu civitas pun diberi kebebasan untuk mengembangkan segala potensi yang dimiliki. Bisa di jalur akademis, bisa juga non akademis. Termasuk mencoba mengembangkan soft skill, hobi serta memperdalam passion masing-masing.

Faktanya soft skill tidak dapat dikuasai secara instan. Mahasiswa baru juga dapat mengembangkannya sejak dini bahkan, saat di bangku kuliah. Untuk mahasiswa yang ingin menguasai soft skill , ada beberapa hal yang dapat dilakukan, terutama bagi mahasiswa baru.

1. Aktif mengikuti organisasi internal kampus maupun diluar kampus

Wawasan mahasiswa tidak hanya diperoleh dari kampus tetapi dapat juga didapat saat mahasiswa aktif mengikuti organisasi dan juga dapat meningkatkan skill berkomunikasi atau public speaking. Mahasiswa juga kana terbiasa dengan team work, dan tau bagaiamana cara menerima dan meberi informasi dengan orang lain. Sebelum memilih organiasai mahasiswa juga harus menentukan passion dari mahasiswa tersebut agar berbanding lurus dengan soft skill yang ingin dikuasai.

2. Rajin mengikuti kelas di luar kampus seperti seminar dan workshop

Terkadang di dalam pembelajaran dalam kampus ada beberapa ilmu yang tidak di ajarkan dan harus kita cari di luar kampus, dengan mengikuti workshop atau seminar memungkinkan mahasiswa untuk bertemu dengan para ahli dalam bidang tertentu.
Dan pastikan aktif dalam kegiatan kelas di luar kampus tersebut seberti bertanya atau praktek langsung dengan ahlinya.

3. Terlibat dalam riset dosen

Keterampilan dapat di dapatkan dari mahasiswa aktif mengikuti riset dosen. Tak hanya keterampilan para mahasiswa juga dapat mengasah ilmu dan mendapatkan pengalama baru yang dapat bermanfaat nantinya untuk mengerjakan skripsi.

4. Aktif terlibat sebagai relawan

Aktif terlibat dalam relawan dapat meningkatkan rasa empati dalam kehidupan bermasyaraat dan bernegara. Tak hanya empati, tetapi juga dapat mengasah soft skill dan team work dalam menyelesaikan msalah. Selain itu juga dapat menambah relasi yang berguna untuk masa depan. [ptr/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar