Iklan Banner Sukun
Ragam

Lima Elemen yang Telah Berjasa Mengubah Dunia

Unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Dari banyaknya elemen kimia yang pernah Anda hafalkan saat sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas. Ternyata ada beberapa elemen yang punya banyak manfaat di kehidupan, bahkan keberadaannya telah berjasa lakukan perubahan pada dunia.

Di balik kecanggihan smartphone kekinian yang bisa dilipat, ternyata ada elemen kimia yang jadi awal mula kecanggihan. Begitupun kecanggihan pesawat terbang, juga ada elemen kimia yang mempengaruhinya. Berikut ini daftar elemen yang telah berjasa mengubah dunia.

Silicon (Si)

Elemen ini merupakan bahan yang membangun pesawat, sehingga mampu mengantar manusia bisa keliling dunia. Elemen silikon ini juga berada di dalam sebuah smartphone yang telah jadi kebutuhan utama manusia. Elemen silikon ini menghasilkan benda super kecil bernama ‘chip’ yang memudahkan pengguna smartphone menyebarkan informasi ke seluruh dunia dalam sekejap.

Carbon (C)

Carbon merupakan bagian penting dari majunya peradaban. Karena sebenarnya, carbon ini jadi sumber utama mobil dan listrik yang jadi kebutuhan primer. Meski punya jasa dalam pembuatan listrik, dampak dari carbon ini mengakibatkan suhu bumi makin panas.

 

Gold (Au)

Gold alias emas merupakan bahan wajib yang digunakan untuk membuat medali dalam setiap gelaran Olimpiade. Emas juga jadi perhiasan manusia. Namun bukan hanya itu, gold merupakan elemen penting yang digunakan pada GPS dan satelit yang bisa mengirim data dengan cepat. Elemen ini juga digunakan di peralatan medis seperti alat pacu jantung. Gold juga jadi elemen yang dipakai astronot guna menangkal radiasi dari luar angkasa.

Silver (Ag)

Silver atau dalam bahasa Indonesia disebut perak. Elemen ini penting dalam sejarah fotografi, terutama dalam perkembangan kamera. Berkat elemen ini saat ini manusia bisa mengambil foto dari kamera dengan kualitas jernih dan bening.

Uranium (U)

Elemen ini merupakan pembentuk energi nuklir, yang bisa diubah menjadi energi listrik. Elemen ini yang telah berhasil meluluhlantakkan Hiroshima dan Nagasaki di Jepang pada kurun perang dunia kedua. Elemen ini ada di senjata nuklir seperti bom atom yang punya kekuatan penghancur luar biasa.

Itulah beberapa elemen yang punya pengaruh pada kehidupan manusia saat ini. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar