Ragam

Laptop Jadi Sarang Semut? Ini Solusinya

(Foto: Lauren Mancke, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Di masa pandemi, laptop merupakan fasilitas yang sangat penting. Sekolah dan pekerjaan yang dilakukan secara daring di rumah masing-masing, membutuhkan laptop dan gawai lainnya. Saat laptop bermasalah, maka tugas yang harus kita kerjakan pun menjadi berantakan. Masalah laptop bisa datang dari mana saja, namun untuk kali ini kita akan membahas permasalahan laptop yang disebabkan oleh semut.

Semut? Memang terdengar sedikit unik. Tapi nyatanya, tak sedikit yang mengeluhkan bahwa laptop mereka telah menjadi sarang bagi hewan yang hidup berkoloni ini. Tidak ada efek secara langsung yang akan ditinggalkan, tetapi dalam jangka panjang, semut bisa menimbulkan kerusakan pada fungsi komponen laptop akibat perangkat keras yang terus digerogoti.

Semut bisa masuk melalui celah-celah laptop, dan yang paling sering adalah melalui keyboard laptop. Ada banyak fakto yang mengundang hewan-hewan kecil itu untuk masuk. Misalnya saat kita makan dan minum sambil menggunakan laptop. Bisa juga karena tempat penyimpanan laptop yang dekat dengan sarang semut, oleh karena itu hindari meletakkan laptop terlalu mepet dengan tembok. Ada baiknya beri jarak karena tembok menjadi tempat yang sering dilewati semut.

Ada juga yang mengatakan bahwa semut menyukai tempat yang berongga, dan itu mirip bagian dalam laptop yang menyerupai sarang semut. Inilah yang menyebabkan semut merasa nyaman berada di dalamnya. Parahnya lagi, bila tidak segera ditangani, induk semut bisa bertelur di dalamnya.

Semut yang berlalu lalang saat kita menggunakan laptop, akan membuat kita merasa risih dan kesal. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengusir hewan ini.

Pertama, gunakan laptop secara rutin. Laptop yang lebih sering dalam kondisi mati akan menyebaban suhunya di dalamnya menjadi lembap, dan smut senang berada di tempat lembap. Apabila laptop menyala, maka suhu laptop akan sedikit tinggi dan panas sehingga semut bisa keluar dengan sendiri. Namun apabila terlalu panas, bukannya keluar, semut-semut itu akan berisiko mati kesentrum di dalam laptop, sehingga akan mengundang kawan-kawannya untuk ikut masuk.

Kedua, kalian bisa menjemur laptop di bawah matahari, dengan posisi layar membelakangi sinar matahari. Jangan terlalu lama karena akan berakibat buruk pada laptop. Cukup 5-7 menit saja.

Ketiga, gunakan kapur barus yang biasanya sangat ampuh untuk mengusir semut. Goreskan kapur di atas kertas, tidak perlu terlalu banyak, tipis-tipis saja namun merata. Lalu letakkan laptop di atasnya dan diamkan selama beberapa menit. Akibatnya zat kapur yang meresap ke dalam laptop akan tercium oleh para semut dan membuat mereka keluar dengan sendirinya.

Keempat, apabila semut dirasa sudah terlalu banyak, bahkan telur sudah bersarang, alangkah baiknya untuk membawa ke tukang servis. Minta agar laptop di bongkar dan dibersihkan. Apabila bisa melakukannya sendiri di rumah, maka tidak ada salahnya. (mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar