Iklan Banner Sukun
Ragam

Langkah Sederhana yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengurangi Pemanasan Global

(Foto: Markus Spiske, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Isu pemanasan global telah dibahas selama bertahun-tahun. Meski berkali-kali para ilmuan dan pegiat lingkungan mengingatkan tentang isu ini. Namun, perhatian pemerintah di berbagai belahan dunia memang banyak yang belum mengarah ke sana.

Jika anda mulai merasa jenuh dengan perilaku pemerintah yang kebijakannya masih banyak yang tak ramah lingkungan. Berikut ini aksi-aksi sederhana yang bisa anda lakukan sebagai kontribusi mengurangi pemanasan global. Apa saja langkah-langkah sederhana tersebut?

Gunakan lampu neon

Sebaiknya Anda segera mengganti dan menggunakan lampu neon, karena lampu neon ini hanya mengkonsumsi 25% energi yang sebanding dengan lampu pijar.

Matikan peralatan listrik

Jika peralatan listrik tidak digunakan, maka matikan, karena menggunakan energi walaupun dalam posisi mati.

Ganti Monitor dengan LCD

Cobalah untuk mendapatkan LCD daripada monitor, karena LCD membutuhkan energi sekitar 56 persen dari monitor Anda. Dan matikan komputer saat Anda tidak menggunakannya.

Jangan Biarkan Pintu Kulkas Terbuka Dalam Waktu Lama

Mengambil atau memasukkan sesuatu ke dalam Kulkas sebaiknya dilakukan dengan cepat, karena jika Anda terus membuka pintu lemari es selama satu menit, maka motornya akan tetap beroperasi selama lebih dari setengah jam.

Penggunaan Energi Matahari

Sebaiknya Anda mengubah sistem pemanas Anda menjadi energi matahari, dengan cara ini Anda dapat menghemat listrik, uang dan lingkungan Anda dari pemanasan global.

Gunakan Mobil Listrik atau Hybrid

Mempertimbangkan untuk membeli mobil hybrid atau listrik, sebagai pengganti mobil bensin. Mobil bensin mencakup 20 hingga 30 mil per galon, sedangkan hybrida atau eklektrik memberi Anda 130 hingga 140 mg.

Menanam Pohon Di Rumah

pohon dapat membuat rumah Anda dingin selama musim panas. Karena pohon menyerap karbon dioksida, maka kurangi karbon dioksida di sekitar Anda.

Hemat Air Bersih

Jangan buang air bersih, karena air bersih sudah semakin berkurang, para ahli melihat krisis air di masa depan.

Matikan lampu di Siang Hari

Matahari memberi Anda cahaya fajar hingga senja; jika Anda mendesain rumah Anda dengan perencanaan yang baik, Anda dapat menghemat biaya listrik.

Nah, itulah rekomendasi cara yang bisa Anda lakukan diruma untuk mengurangi pemanasan global, selain itu juga ada cara lebih seperti membuat atap lebih tinggi, buat insulasi di rumah, kurangi sampah rumah tangga, kurangi penggunaan air panas, dan menanam sayur dan buah-buahan sendiri. Semoga bermanfaat. (Ptr)


Apa Reaksi Anda?

Komentar