Iklan Banner Sukun
Ragam

Langkah Sederhana Untuk Cegah Seseorang Bunuh Diri

(Foto: Engin Aykurt, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kehidupan terus berputar sehingga besar kemungkinan kita akan selalu dipertemukan dengan masalah. Namun, satu hal yang pasti jika setiap masalah pasti ada solusinya. Seperti apapun masalah yang dihadapi, tentu saja. Maka dari itu, seberat apapun permasalahan, tentu saja akan akan berakhir. Namun, satu hal yang perlu kita lakukan adalah mengenali tanda pada orang yang mengalami hal itu.

Sedangkan cara mudah terhindar dari pikiran bunuh diri adalah berkumpul dengan orang-orang yang positif dan suportif. Tanamkan dalam diri jika hidup memang sementara, tentu saja setiap permasalahan hanya sementara sehingga kita tidak harus mengakhiri hidup. Selain itu, kita perlu mengerti jika setiap orang di muka bumi berharga sehingga memiliki peran yang baik dengan tidak mudah menyerah.

Lakukan Beberapa Hal Ini Untuk Cegah Bunuh Diri

Luangkan waktu dengan ngobrol bersama teman

Usahakan untuk tidak sendirian, sebisa mungkin mencari teman atau tetap bersama orang lain baik itu orangtua, kakak atau adik atau teman dekat. Kita bisa mengalihkan pikiran mereka dengan mengobrol santai, tidak perlu terlalu blak-blakan tentang hasrat self-harm namun bicarakan apapun sesuka hati.

Namun, ketika belum ada topik untuk berbicara dengan seseorang, berikan waktu menunggu 15 menit. ketika hal itu berhasil melewati 15 menit dan dia tidak melukai diri sendiri, maka berikan pujian. Lakukan hal itu secara terus menerus. Hal ini akan menjadi awalnya yang terasa mudah sehingga dorongan untuk bunuh diri akan hilang secara bertahap.

Ajak dia untuk meluapkan segala keluh kesah dengan menulis

Ini menjadi solusi atau kekuatan yang penting dalam membenahi perasaan kita. Semisal kita mengajak dia untuk menuliskan alasan kebahagiaan/ keberuntungan pernah dialami kemudian simpan dan baca ulang saat merasa sedang down.

Namun, ketika dia merasa malu untuk menumpahkan isi hati , mulailah dengan mencoret-coret gambar acak pada secarik kertas. Tujuannya supaya dia lebih mudah untuk meluapkan curahan hati dengan menulis bisa sebuah lirik lagu atau bait-bait puisi. Menulis atau meluapkan perasaan akan membuat lebih mawas diri terhadap akan emosi sehingga membantu lebih sadar dengan penyebab menyakiti diri sendiri. (PRD)


Apa Reaksi Anda?

Komentar