Iklan Banner Sukun
Ragam

Langkah Awal Menulis yang Bagus di Website, Dijamin Bakal Banyak Pembaca

Surabaya (beritajatim.com) – Menulis merupakan sesuatu hal yang mudah namun perlu strategi sehingga kita memiliki banyak pembaca. Inilah beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai langkah awal dalam menulis.

Kenali dan Memahami Intensi Pembaca

Pembaca artikel kita adalah manusia yang tentu saja punya intensi pada kolom pencarian dengan hasil berbeda-beda. Namun, biasanya ada tiga intensi utama mencari informasi padai kolom pencarian adalah mengenai produk, informasi, dan navigasi.

Pencarian mengenai produk berarti pembaca mempelajari suatu produk atau jasa tertentu. Sedangkan untuk pencarian informasi biasanya berisi pengetahuan, berita, atau sesuatu yang bersifat edukasi. Mereka akan menggunakan kata kunci berupa pertanyaan.

Sedangkan untuk pencarian navigasi berarti ada sesuatu yang ingin dikunjungi atau ditemukan. Jenis pencarian ini menggunakan kata kunci berupa nama produk atau brand, bisa jadi nama kota atau suatu daerah.

Intensi menjadi sesuatu hal yang penting sehingga dapat memberikan pengaruh pada artikel yang akan ditulis. Memahami intensi pembaca merupakan hal paling mendasar bagi penulis. Dari situlah kita dapat memahami atau mengerti apa yang mereka cari. SEO akan dapat bekerja dengan lebih maksimal ketika kita memahami intensi pembaca. Ketiga intensi tadi merupakan hal yang banyak dicari atau populer.

Mulai Susun Daftar Topik Bahasan

Setelah menemukan intensi, saatnya untuk mencari topik bahasan yang menarik. Kita dapat menemukan banyak atau beragam topik. Buatlah topik yang sebanyak mungkin sehingga kita tidak kehabisan ide atau kebingungan ingin menulis apa. Perbanyak berkomunikasi dengan sesama penulis, menonton film atau sekedar berjalan-jalan untuk menemukan topik bahasan.

Buat Topik Yang Sesuai Dengan Minat Pembaca

Apabila sudah memiliki banyak topik bahasan, mulai pilih yang sesuai dan paling populer. Jika pembaca lebih suka atau butuh artikel yang bersifat informasi, panduan atau edukasi. Mulai buat artikel yang memberikan informasi seperti tutorial atau informasi mengenai topik pilihanmu. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa pembacamu menyukai topik itu. Bukan hanya populer atau viral tapi dibutuhkan dan bermanfaat menjadi poin penting bagi penulis. (PRD/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar