Iklan Banner Sukun
Ragam

Langka! Jurusan-Jurusan Ini Jarang Ada Peminat

(Foto: Zen Chung, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Setelah menyelesiakan pendidikan di Sekolah Menengah Atas, biasanya, universitas menjadi tujuan selanjutnya. Memasuki universitas bisa menentukan akan menjadi seperti apa kita nanti dan pekerjaan apa yang akan kita lakoni. Meskipun nantinya tidak selalu seperti itu.

Memilih jurusan di universitas pun menjadi hal yang membingungkan, perlu pemikiran yang matang serta mengetahui apa yang sebenarnya kita inginkan. Memilih jurusan tidak bisa sembarangan hanya karena ingin mengikuti teman.

Penting juga untuk dipikirkan apa jurusan ini bisa membantu kita ketika nanti masuk ke dunia kerja. Sebab, yang dicari ketika belajar di universitas adalah bekal untuk masa depan. Beberapa jurusan di bawah ini tampak sepi peminat, meskipun prospek kerja yang ditawarkan tidak main-main. Berikut ini adalah jurusan-jurusan yang tak banyak orang tau namun bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Ilmu Arkeologi

Banyak orang mungkin tidak tertarik untuk mempelajari ilmu ini. Hal ini karena Ilmu Arkeologi banyak membahas tentang kebudayaan (manusia) masa lalu. Materi itu kemudian dibedah dengan teori dan kajian sistematis yang didasari oleh data benda-benda peninggalan.

Pelajaran yang diberikan berupa cara mengolah data, penulisan laporan di bidang jurnalistik, hingga kegiatan seru seperti studi lapangan ke tempat-tempat yang jarang dikunjungi oreng lain. Lulusan arkeologi bisa menjadi seorang arekeolog tentunya, peneliti, ahli sejarah, di bidang akademik seperti seorang kurator atau arsiparis di museum, bahkan direkrut oleh ilmuwan luar negeri.

Ilmu Perpustakaan

Jangan membayangkan lulusan Ilmu Perpustakaan akan bekerja sebagai penjaga perpustakaan. Lebih dari itu, jurusan ini dituntut untuk menguasai segala ilmu, matematika, hukum, sosiologi, filsafat, komputer, dan lain-lainnya. Dengan propsek kerja yang luas, kalian bisa mempelajari ilmu pengumpulan, pengorganisasian dan cara mengelola atau menyebarkan informasi di suatu perpustakan. Bagi yang hobi berkutat dengan dokumen, kalian juga bisa menjadi pengontrol dokumen.

Ilmu Filsafat

Terkenal akan kerumitannya, membuat beberapa orang merasa malas kalau harus menekuni jurusan ini. Padahal Ilmu Filsafat mengajarkan banyak hal, cara lebih kritis dalam menghadapi masalah, mencari solusi, atau mempelajari tentang perilaku, fenomena dan hal-hal mendasar yang dilakukan manusia. Peluang kerja pun tidak terpatok pada satu hal, lulusan jurusan ini bisa menjadi penasihat penelitian atau bahkan negara, menjadi eksekutif pemasaran, psikoterapis, penulis, dan pegawai SDM.

Oseanografi

Jurusan satu ini mungkin masih asing di telinga beberapa orang. Terlihat seperti jurusan yang tidak jelas yang akan mempelajari laut. Perlu diketahui bahwwa Indonesia adalah negara kepulauan dengan 62% lautan, dan hampir 7o% belahan dunia juga terdiri dari lautan.

Oleh karena itu, meski jarang peminat, jurusan ini rupanya bisa menjajikan. Dengan mempelajari organisme laur, dinamika ekosistem, arus samudra, geologi dasar laut, dan lain-lainnya, ilmu ini sangat penting untuk menguatkan sector maritim Indonesia serta bidang-bidang lainnya. Seperti lingkungan, perikanan, dan bencana laut. Lulus oseanografi memiliki peluang pekerjaan yang luas karena sangat dibutuhkan, gaji yang ditawarkan pun tidak sedikit.

Nah, bagaimana? Apakah ada jurusan-jurusan di atas yang menarik perhatian dan minat kalian? (mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar