Iklan Banner Sukun
Ragam

Lakukan Ini Agar Pasangan Anda Bisa Terlibat Secara Emosional

(Foto: The HK Photo Company, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Setiap orang memang mesti memberikan dukungan emosional pada pasangan. Sebab dukungan emosional itu bisa mempengaruhi pasangan, apalagi saat mendapat terpaan masalah hidup.

Beberapa pasangan membutuhkan bantuan untuk mengekspresikan emosi. Mempelajari bagaimana, melakukan keterampilan untuk satu sama lain menciptakan keamanan emosional, kepercayaan, dan koneksi dalam hubungan dan pada akhirnya menciptakan keterikatan.

Jika sudah ada ikatan emosional kuat dengan pasangan maka tidak mudah untuk saling menyakiti. Karena dengan ikatan emosional ini juga bisa saling menjaga komitmen. Di samping itu dengan sadar akan emosional pasangan maka akan lebih mudah dalam berinteraksi saat tertimpa sebuah masalah. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar pasangan bisa terlibat secara emosional.

Renungkan dan Biasakan

Anda harus membiasakan diri untuk berbagi apapun dengan pasangan, termasuk cerita dan masalah. Jangan lupa untuk melakukan refleksi dari kisah yang pernah Anda jalani dengan pasangan. Saat terjadi masalah berilah pasangan ruang untuk mengklarifikasi dan tidak dikotak-kotakkan. Begitupun saat pasangan bercerita tentang suatu hal, Anda harus menghormati dan menunjukkan rasa ingin tahu.

Rasakan Perasaannya

Emosi yang dirasakan seseorang itu biasanya menular, Anda mungkin akan sering dapat merasakan apa yang ada di dalam tubuh dan apa yang dirasakan pasangan ketika berbicara. Sehingga jika Anda peka akan hal itu akan berdampak baik pada hubungan. Begitupun pasangan Anda akan berusaha melakukan kepekaan yang sama pada Anda.

Cari Tahu Mengenai Masa Lalu

Masa lalu yang dimaksud bukan cerita soal pasangan Anda bersama sang mantan. Memang hal itu juga perlu diketahui tapi tidak perlu secara mendalam. Anda bisa memetik kisah pelajaran dari gagalnya hubungan yang telah lalu.

Masa lalu yang dimaksudkan adalah Anda mesti menunjukkan rasa ingin tahu mengenai pengalaman pasangan dengan emosi di kanak-kanak atau saat masa remaja tanggung. Kejadian, masalah, maupun peristiwa yang pernah terjadi di masa itu akan menjadi bekal berguna untuk Anda dan pasangan saling paham secara emosional. Sebab harus diakui jika masa kanak-kanak punya pengaruh besar pada kehidupan seseorang di masa dewasa.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda dan pasangan upayakan agar bisa saling paham secara emosional. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar