Iklan Banner Sukun
Ragam

Lakukan Ini Agar Aki Motor Tetap Awet dan Tahan Lama

(Foto: Paolo Freitas, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Aki menjadi salah satu komponen terpenting bagi alat-alat transportasi seperti sepeda motor, serta mobil. Sebab ketika aki rusak, motor atau mobil akan sulit untuk dihidupkan.

Selain itu, fungsi-fungsi kelistrikan lain juga akan terganggu. Lampu motor akan redup, juga suara klakson yang hanya bisa berbunyi seperti jeritan jangkrik. Mungkin terlihat sederhana. Namun, akan memberikan risiko yang lebih besar bagi keamanan berkendara.

Sehingga, menjaga kesehatan aki menjadi penting. Agar tidak cepat habis atau soak, baterai aki membutuhkan perawatan. Berikut beberapa tips untuk merawat aki motor.

Panaskan Mesin Motor

Sebelum digunakan terutama pada pagi hari, motor perlu dipanaskan terlebih dahulu. Waktu yang dibutuhkan untuk memanasi mesin motor ini paling tidak empat menit. Hal ini penting untuk menjaga sirkulasi pelumasan pada komponen mesin motor.

Dengan memanaskan motor, kualitas aki pun terus terjaga. Sebab, aki tidak kaget ketika digunakan dan diberikan waktu untuk menyiapkan diri sebelum bekerja. Ini juga bisa memperpanjang masa pemakaian aki.

Periksa Aki Secara Berkala

Jika aki yang terpasang di sepeda motor anda adalah aki basah, maka penting untuk terus mengontrol jumlah air yang tersedia. Baiknya air aki harus terus berada di atas batas yang ada di petunjuk upper atau lowernya.

Hal ini perlu dilakukan agar menjaga performa aki tetap prima. Agar lebih efisien pengguna motor bisa memilih aki kering.

Jangan Gunakan Aksesoris Berlebihan pada Motor

Salah satu yang paling banyak dilakukan oleh mereka yang suka memodifikasi sepeda motor adalah menambah aksesoris. Tetapi, penggunaan aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan perlu untuk diperhatikan.

Penggunaan lampu yang berlebihan seperti lampu hiasan di atas ban, atau klakson yang berbunyi nyaring bisa memaksa aki bekerja ekstra. Sehingga arus aki dan kapasitas kelistrikan akan terus dipacu di atas kemampuan.

Perhatikan Sistem Pengisian Daya

Menggunakan aki kering, memang lebih mudah daripada aki basah. Namun, juga perli diperhatikan sistem pengisian dayanya. Sehingga, sebelum melakukan pergantian aki, perlu diperhatikan terlebih dahulu sistem pengisian daya di aki kita. Sebab, bisa saja masalah yang terjadi pada aki adalah akibat dari masalah sistem pengisian ini. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar