Iklan Banner Sukun
Ragam

Lakukan Cara Ini Untuk Bangun Self Esteem Pada Anak

(Foto: Larm Rmah, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Self-esteem merupakan bentuk kepercayaan seseorang yang penting dimiliki. Sebab, ia memberikan kesempatan pada diri manusia untuk memahami dan mengerti kelebihan, serta kekurangan pada diri sendiri. Dengan begitu, seseorang akan mampu menghargai dirinya sendiri bahkan, ketika ia tak mampu melakukan sesuatu yang memang menjadi kekurangannya.

Self-esteem ini juga berupaya melihat bagaimana individu menghargai, mengapresiasi, dan menyukai dirinya sendiri. Sekaligus berkaitan dengan bagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain. Hal ini penting dimiliki oleh seseorang sejak dini dengan penanaman dari orang tua. Orang tua harus paham jika ingin anaknya memiliki self esteem. Berikut ini langkah dan caranya.

1. Beri Contoh dan Ajarkan Mengenai Hal Baru

Saat Anda hendak mengajarkan suatu hal pada anak, sebaiknya Anda mulai dengan cara memberi contoh terlebih dahulu bagaimana cara yang benar untuk melakukannya. Begitupun saat hendak mengajarkan self esteem, Anda juga harus mulai mempraktekannya dari diri sendiri sebelum akhirnya mengajari anak.

2. Jadilah Role Model yang Baik

Pada umumnya anak merupakan pengamat sekaligus peniru yang sangat baik. Maka dari itu, sebagai orang tua, Anda harus menjadi panutan yang dapat dibanggakan. Kepercayaan diri Anda menjadi bekal penting yang perlu ditunjukkan saat bersama anak. Begitupun sebuah pencapain sebaiknya dibanggakan di depan anak, agar percaya diri.

3. Beri Pujian dengan Bijak

Anak-anak senang saat mendapatkan pujian. Apalagi ketika mereka merasa bangga setelah berhasil melakukan sesuatu yang menurut mereka itu sulit. Memberi pujian jangan terlalu berlebihan, tapi lakukanlah secara bijak. Orang tua perlu memberi pujian secara proporsional demi membentuk self esteem pada sang anak.

4. Hindari Kritik Tidak Membangun

Kritik seperti, ‘Ayo belajar, jangan malas-malasan jadi anak!’ merupakan kata yang bukan motivasi tapi justru berbahaya karena melukai self esteem sang anak. Sebaliknya, yang harus Anda lakukan adalah dengan mengapresiasi anak sekecil apapun yang mereka lakukan. Dengan cara ini, anak akan percaya diri, juga lebih bangga untuk melakukan self esteem.

Pada intinya self esteem seorang anak akan terbentuk pada diri seorang anak jika dibimbing dengan perilaku orang tua. Orang tua itu teladan, sekaligus sekolah pertama bagi anak. Sehingga dengan mencontohkan hal baik, anak pun akan mengikutinya. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar