Iklan Banner Sukun
Ragam

Lakukan 5 Kebiasaan Ini untuk Jaga Bumi Dari Global Warming

(Sumber foto: Ben White, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dampak krisis iklim (global warming) sehingga membuat bumi jadi lebih baik. Salah satu yang bisa diterapkan dengan menggunakan produk-produk ramah lingkungan serta mendukung gaya hidup berkelanjutan, seperti Electrolux Ultimate Taste.

Beberapa peralatan seperti kulkas, kompor, hingga oven bisa dikurangi. Dengan kebiasaan ini akan memberi dampak positif bagi lingkungan yang dimulai dari dapur. Bukan hanya itu, Anda juga berkontribusi mengurangi dampak negatif bagi keselamatan bumi. Berikut ini beberapa kebiasaan untuk selamatkan bumi dari pemanasan global.

Tidak impulsif membeli baju
Hindari fast fashion, pilih bahan berkualitas, dan rawat dengan baik agar masa pakai lama. Fast fashion atau menggunakan baju sekali pakai dan membuangnya akan memperbanyak sampah textile. Sebaiknya Anda beli baju yang berkualitas sehingga bisa digunakan berulang dan tidak sekali pakai saja.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah lokal
Sayur dan buah lokal baik untuk tubuh dan juga mendukung kehidupan yang berkelanjutan (sustainable living). Buah lokal lebih sehat ketimbang buah impor karena proses panennya yang masih alami. Buah lokal masih sedikit terkena pestisida tumbuhan, bahkan beberapa ada yang tidak memakai pestisida.

Mengurangi penggunaan plastik
Biasakan untuk membawa wadah atau tas belanja. Selain itu, gunakan tumblr agar tidak membeli minum dari botol plastik. Plastik apalagi styrofoam akan sulit diurai tanah, butuh waktu bertahun lamanya. Penggunaan plastik berlebihan sangat berbahaya bagi bumi dan bisa mempercepat global warming.

Membuka jendela
Udara segar dari alam tentu akan lebih sehat dan hemat energi. Hal ini bisa mengurangi penggunaan AC dan kipas angin. AC juga menyedot gas emisi dari alam yang bisa mempercepat terjadinya global warming.

Kurangi kendaraan bermotor
Mulai biasakan berjalan kaki selama masih bisa ditempuh. Atau dengan opsi lain dengan sepeda kayuh. Asap dari kendaraan bermotor menyebabkan global warming karena banyak mengandung karbon dioksida.

Itulah beberapa kebiasaan sederhana yang mudah Anda terapkan untuk selamatkan bumi dari pemanasan global. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar