Iklan Banner Sukun
Ragam

Lakukan 5 Hal Ini Untuk Cegah Alami Stroke

(Foto: Karolina Grabowzka, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Stroke merupakan penyakit yang belakangan ini rentan menyerang. Penyakit stroke tentu sangat tidak diinginkan karena berpengaruh besar dalam penurunan beberapa fungsi tubuh. Salah satu upaya yang bisa dilakukan guna mencegah stroke bisa dengan mengendalikan emosi.

Dilansir dari studi terbaru yang dipimpin National University of Ireland (NUI) Galway, Irlandia, yang telah terbit di European Heart Journal 1 Desember 2021 lalu, menunjukkan jika ada keterkaitan antara stroke dan gangguan emosional seseorang. Para peneliti menganalisis 13.462 kasus stroke akut yang melibatkan pasien dengan berbagai latar belakang etnis di 32 negara, termasuk Irlandia.

Kemudian, tim peneliti menganalisis pola pada pasien penderita stroke iskemik yang biasanya menjadi jenis stroke paling umum. Stroke iskemik terjadi saat gumpalan darah menghalangi atau mempersempit arteri yang menuju ke otak dan perdarahan intraserebral.

Diungkapkan menurut Andrew Smyth, profesor epidemiologi klinis di NUI Galway sekaligus salah satu penulis utama studi tersebut, peneliti melihat dua pemicu stroke secara terpisah. Hasilnya, penelitian itu pun mengungkap fakta bahwa kemarahan atau gangguan emosional dapat meningkatkan risiko stroke sekitar 30 persen selama 1 jam setelah orang tersebut meluapkan kemarahan.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa aktivitas fisik yang berat dapat meningkatkan risiko perdarahan intraserebral sebesar 60 persen selama 1 jam setelah aktivitas tersebut dilakukan. Peningkatan risiko perdarahan ini akan lebih besar untuk perempuan. Sementara resiko lebih kecil terjadi pada orang dengan indeks massa tubuh (BMI) normal.

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan guna mencegah stroke berikut ini.

Peka dan memperhatikan kesehatan mental serta fisik

Jika Anda punya mental sehat maka fisik pun akan sehat. Sebagaimana hasil penelitian di atas bahwa tubuh seseorang yang normal akan menyempitkan kesempatan untuk terkena penyakit stroke.

Menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur

Upaya yang bisa dilakukan agar tubuh tetap normal dengan berat badan ideal dengan penerapan pola hidup sehat dan olahraga yang teratur. Minimal olahraga tiga kali dalam seminggu agar tubuh bisa tetap sehat.

Mengobati darah tinggi

Pengidap darah tinggi tentu punya resiko yang besar untuk terkena stroke. Penyakit ini dapat memicu seseorang terkena stroke, jika Anda terkena penyakit ini maka sebaiknya segera diobati.

Tidak merokok

Upaya hidup sehat bisa dengan menghindari rokok. Rokok yang punya kandungan zat adiktif berbahaya bisa memicu seseorang untuk terkena stroke lebih besar.

Memperbanyak aktivitas fisik normal

Aktivitas normal harian seperti berjalan, atau minum air putih teratur. Kedua hal itu tidak terlalu berat tapi dapat mengurangi risiko stroke jangka panjang. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar