Iklan Banner Sukun
Ragam

Kunto Aji, Aransemen Lagu dan Klip Untuk Sehatkan Mental

(Foto: Andrew Neel, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Karier Kunto Aji pada industri musik tanah air diawali dengan mengikuti ajang pencarian bakat yaitu Indonesian Idol pada tahun 2008 yang berhasil bertahan hingga babak empat besar. Setelah berkompetisi di ajang pencarian bakat tersebut, perjalanan karir Kunto Aji tidak berjalan dengan mudah.

Karyanya sempat ditolak oleh label musik yang berjanji untuk merilis single-nya dengan alasan bahwa karyanya kurang dapat diterima oleh masyarakat. Penolakan tersebut seakan menjadi motivasi dan tidak membuat Kunto Aji menyerah. Ia pun keputusannya untuk berkarir secara independen dengan label musiknya sendiri.

Salah satu yang membuat karir Kunto Aji menanjak kembali adalah album ‘Mantra-Mantra’. Di album keduanya ini, ia menggunakan frekuensi untuk membantu mental pendengar, seperti penggunaan 396 Hz pada lagu ‘Rehat’ untuk mengeluarkan pikiran negatif. Hal ini berdasarkan dari penelitian tentang frekuensi yang dikenal sebagai Solfeggio Frequencies milik seorang psikolog dari Amerika Serikat bernama Dr. Joseph Pulio.

Bukan hanya dari frekuensi, video klip lagu ini pun diselipkan pesan-pesan untuk kesehatan mental. Aransemen mental ini terbagi ke dalam tiga kategori yang terdiri dari aktivitas sehari-hari, emosi, dan rehat. Kemudian pada sub bab aktivitas sehari-hari atau rutinitas dibagi lagi menjadi tiga sub bab berdasarkan wacana kesehatan mental yang ada yaitu ibadah, pekerjaan, dan hobi.

Kunto Aji juga memiliki kekuasaan untuk memberikan kenyataan bahwa pendengar sudah berjuang, dan Kunto Aji berterima kasih akan hal itu dan meminta pendengar untuk rehat.

Sejak dirilis pada tahun 2018 lagu ‘Rehat’ mendapatkan berbagai review positif dari para pendengar. Lagu ‘Rehat’ menjadi salah satu original soundtrack dari film box office ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini‘ yang tayang pada tahun 2020.

Video klip lagu ‘Rehat’ yang dirilis pada 6 Februari 2019 telah mendapatkan lebih dari 23 juta penonton di Youtube. Bahkan lagu ini terpilih menjadi salah satu nominasi kategori Video Klip Musik Terpilih pada gelaran Piala Maya 2019.

Album ini juga mendapat banyak penghargaan. Berisi 9 lagu, album ini berhasil mendapatkan 3 penghargaan dalam ajang penghargaan tertinggi bagi insan musik Indonesia yaitu Anugerah Musik Indonesia (AMI) pada tahun 2019. Album Mantra Mantra karya Kunto Aji berhasil membawa pulang piala AMI 2019 dalam kategori Album Terbaik Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita Alternatif Terbaik, serta Grafis Desain Album Terbaik karya Naufal Abshar.

  • Sulung
  • Rancang Rencana
  • Pilu Membiru
  • Topik Semalam
  • Rehat
  • Jakarta Jakarta
  • Konon Katanya
  • Saudade
  • Bungsu

(rad/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar