Iklan Banner Sukun
Ragam

Kucing Kamu Belekan? Kenali Penyebab dan Cara Tepat Mengatasinya

Ilustrasi kucing. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Memiliki hewan peliharaan tentu sangat menyenangkan, kita bisa mengajaknya bermain dan menjadikannya teman dalam beraktivitas, salah-satunya jalan-jalan. Kucing adalah satu dari sekian jenis hewan yang banyak dipelihara. Selain imut dan jinak, kucing juga lebih mudah berinteraksi dengan manusia.

Namun, sering kita temui kucing peliharaan mengalami belekan di matanya, tentu kita enggak mau itu dialami kucing kesayangan kita kan? Nah untuk itu, kita harus mengenali apa penyebab kucing belekan dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk langsung simak artikelnya.

Secara umum ada beberapa faktor yang menyebabkan mata kucing jadi sering belekan, beberapa faktor tersebut yakni:

Infeksi saluran pernafasan atas

Ketika mata kucing peliharaanmu sering mengeluarkan cairan dan kotoran berlebih, bisa jadi dia sedang mengalami infeksi saluran pernafasan atas. Gejala infeksi saluran pernafasan sering kali tidak tampak di awal, namun salah-satu yang bisa jadi indikasi kucing kita mengalami infeksi saluran ialah adanya kotoran mata yang lengket menyerupai nanah. Terkadang juga disertai bersin-bersin.

Gangguan Kornea

Penyebab lain belekan pada kucing adalah gangguan pada kornea. Saat kornea kucing bermasalah, ia cenderung memproduksi lebih banyak air mata. Ini adalah salah-satu penyebab mata kucing jadi belekan.

Mata merah

Seperti halnya manusia, kucing juga bisa mengalami mata merah. Hal ini bisa terjadi karena adanya peradangan pada bagian dalam mata kucing. Dalam kondisi ini, mata kucing akan sering berair dan menyebabkan timbulnya belek pada mata.

Kelilipan

Masuknya benda asing ke dalam mata atau sering kita sebut kelilipan akan otomatis memicu keluarnya cairan pada mata. Hal ini berfungsi untuk membersihkan mata dari kotoran, dalam proses itu seringkali mata kucing akan mengeluarkan belekan, akibat mata yang terus berair.

Itu adalah beberapa penyebab kenapa kucing sering mengalami belekan di matanya. Jika itu terjadi pada kucing kesayanganmu, kamu bisa membersihkannya dengan beberapa cara berikut:

1. Celupkan bola kapas ke dalam air hangat, lalu bersihkan belek kucing dari sudut dalam mata ke arah luar.

2. Untuk membersihkannya, pastikan menggunakan kapas bersih di setiap mata kucing yang kan kamu bersihkan.

3. Hindari penggunaan obat tetes mata, kecuali jika telah diresepkan oleh dokter hewan.

Namun, jika belekan pada kucing kamu tidak kunjung bersih dalam beberapa hari, maka cobalah untuk berkonsultasi pada dokter hewan. (Jhn/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar