Iklan Banner Sukun
Ragam

Kreatif, EasyJet Manfaatkan Botol Daur Ulang Untuk Seragam Awak Kabin

Tangkapan video promo 'mengubah limbah plastik menjadi tekstil' ala Easy Jet (sumber : instagram @easyjet)

Surabaya (beritajatim.com) – Maskapai Penerbangan Easy Jet asal Inggris mengeluarkan inovasi baru berupa seragam pilot dan kru yang terbuat dari botol plastik daur ulang.

Melansir dari The National, Selasa (24/8/2021) butuh sekitar 45 botol bekas untuk membuat satu pakaian. Kegiatan ini digalakkan untuk mendukung kampanye pemanfaatan botol bekas agar tidak dibuang peruma ke tempat pembuangan sampah atau ke laut. Selain itu, awak kabin juga dapat menghemat pengeluaran mereka untuk membeli seragam baru.

Seragam tersebut diletakkan pada lemari pakaian staf yang bebas karbon dan juga terbuat dari sumber energi terbarukan serta memiliki jejak karbon 75 persen lebih rendah daripada polyester sederhana. Seragam botol bekas itu kemudian diumumkan dan disahkan setelah uji coba pada tahun 2020 untuk menentukan bagaimana kinerja kainnya di dalam kabin dan dek penerbangan lalu baru dianggap berhasil.

Selain lebih tahan abrasi, kainnya lebih elastis, memungkinkan awak kabin lebih nyaman saat melakukan tugas-tugas seperti meletakkan barang-barang di tempat bagasi atau di atas kepala. Seragam ini juga lebih tahan lama, dan akan mengurangi kebutuhan produksi yang lebih dalam jangka panjang.

Seragam yang diproduksi langsung oleh Tailored Image, Irlandia Utara ini baru akan diperkenalkan ke awak kabin pada akhir Agustus. Tina Milton, direktur layanan kabin di easyJet, mengatakan: “Perubahan iklim adalah masalah bagi kita semua, dan di easyJet, kami melihat semua bagian dari operasi kami untuk melihat di mana kami dapat mengurangi emisi karbon dan mengurangi limbah,” terangnya.

Detail seragamnya ternyata tidak hanya memanfaatkan botol plastik namun juga barang bekas lainnya. Kerah kemeja terbuat dari kardus yang dapat didaur ulang, klip kemeja terbuat dari klip kemeja logam dan penutup kemeja luar polipropilena terbuat dari bahan yang biodegradable.

Sejauh ini dapat dipastikan bahwa EasyJet telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi jumlah barang plastik sekali pakai di penerbangan. [rsf/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar