Iklan Banner Sukun
Ragam

Kondom Lepas Dalam Vagina? Jangan Panik, Begini Cara Atasinya

Ilustrasi kondom, alat kontrasepsi non hormonal yang kerap digunakan untuk aktivitas seksual (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Penggunaan kondom memang terkadang perlu dilakukan. Terlebih karena kondom merupakan alat kontrasepsi non-hormonal yang berguna untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Selain itu, kondom juga sebagai pencegahan agar seseorang tidak tertular penyakit tertentu saat berhubungan seks. Tak ayal, jika kondom menjadi opsi yang kerap dipilih untuk mengantisipasi kemungkinan buruk tersebut.

Penggunaan kondom pada dasarnya mampu melapisi bagian penis pria. Namun, jika cara pemakaian dan ukurannya tidak sesuai, maka akan lebih mudah untuk lepas dan tertinggal di dalam vagina.

Jika mengalami kondisi seperti ini, Anda tidak perlu panik. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan ketika kondom lepas di dalam vagina, di antaranya;

Minta bantuan pasangan

Yang bisa dilakukan pada situasi seperti itu, cara yang terbesit pertama kali ialah meminta bantuan pasangan. Pasangan bisa membantu dengan menggunakan dua jari, yakni telunjuk dan jari tengah. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa tangan tersebut bersih.

Yang perlu diperhatikan ialah melakukan gerakan sapuan dari arah belakang menuju depan vagina. Tentunya dengan cara yang lembut. Agar lebih memudahkan proses pengambilan kondom, Anda perlu membuka kaki selebar mungkin.

Ambil sendiri

Pengambilan kondom dalam vagina juga bisa diambil sendiri oleh seorang wanita. Caranya cukup dengan membuka kaki lebar-lebar pada posisi telentang. Gunakan jari yang sudah dicuci bersih, kemudian raba bagian di mana kondom tertinggal. Jika memang diperlukan, maka bisa dengan menghadap pada cermin.

Jika sekiranya kondom tertinggal di daerah leher rahim, yang notabene tidak mudah digapai, maka lakukan posisi squat atau posisi setengah jongkok. Dengan posisi tersebut, kondom akan lebih mudah untuk keluar.

Bagaimanapun proses pengambilan kondom tersebut, perlunya dilakukan dengan cara yang pelan dan lembut. Hal ini bertujuan agar sperma atau isi dalam kondom, tidak mudah tumpah.

Karena jika itu terjadi, sperma bisa saja masuk pada mulut rahim, sehingga memungkinkan untuk hamil. Namun, jika sudah terlanjur, maka si perempuan disarankan agar segera meminum pil KB.

Dilakukan dengan cara pelan juga berguna untuk mengurangi risiko kondom sobek. Karena selain terjadi kebocoran, hal yang ditakutkan ialah adanya bagian dari kondom yang masih tertinggal di dalam vagina. Jika situasi tersebut terjadi, maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk menangani hal tersebut. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar